preloader
The 4th Asia-Pacific Management Research Conference

The 4th Asia-Pacific Management Research Conference

Surabaya (18/05/2022). Asia-Pacific Management Research Conference (APMRC), konferensi yang digagas oleh PPM School of Management memasuki usia yang keempat dalam gelarannya. Konferensi internasional manajemen ini, pertama kali diselenggarakan bulan November 2017 di Lombok, Indonesia dan berkolaborasi dengan Universitas Mataram.

Selanjutnya, tahun 2018, APMRC diselenggarakan di Hanoi University of Science and Technology, Vietnam, lewat kolaborasi dengan Vietnam National University, Foreign Trade University, dan Hanoi University of Science and Technology. APMRC ketiga diselenggarakan di Bali pada bulan November 2019. Lalu tahun ini 18-20 Mei 2022, APMRC keempat resmi diselenggarakan kembali.

The 4th APMRC tahun ini, PPM School of Management (PPM SoM) berkolaborasi dengan School of Economics and Management – Hanoi University of Science and Technology (HUST); Department of Business Administration – Asia University, (AU), dan Faculty of Business – Widya Mandala Surabaya Catholic University (WMSCU). Penyelenggaraan kali ini mengusung metode hybrid conference, dengan menggabungkan metode online dan offline.

Penyelenggaraan offline, diselenggarakan di Auditorium Widya Mandala, Widya Mandala Surabaya Catholic University. Yang disasar dalam konferensi ini  antara lain akademisi yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, hingga peneliti maupun praktisi dalam ilmu manajemen, ekonomi, Sumber Daya Manusia, pemasaran, dan bidang lainnya yang sejenis.

Hari pertama, ditandai dengan sambutan dari perwakilan masing-masing institusi host. PPM SoM diwakilkan oleh Dr. Pepey Riawati Kurnia, M.M., CPM., CAC., CODP. selaku Acting Dean of PPM School of Management, Indonesia; AU diwakili oleh Prof. Chun-Wei R. Lin, Ph.D., selaku Dean of College of Management, Asia University, Taiwan; HUST diwakili oleh Assoc. Prof. Dr. Nguyen Danh Nguyen, Ph.D., selaku Dean of School of Economics and Management, Hanoi University of Science and Technology, Vietnam; WMSCU diwakili oleh Dr. Lodovicus Lasdi, M.M., Ak., CA., CPA., selaku Dean of Faculty of Business, Widya Mandala Surabaya Catholic University, Indonesia.

Acara dilakukan secara parallel session class yakni sesi presentasi bagi peserta, untuk mempresentasikan papernya ke peserta lain, dan dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Terdapat lima kelas paralel, yang terdiri dari satu kelas hybrid dan empat kelas online pada sesi pertama ini. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan plenary session. Sesi ini diisi oleh keynote speaker, yang merupakan perwakilan dari akademisi, dan invited speaker yang merupakan perwakilan dari praktisi.

Keynote speaker kali ini adalah Prof. Dr. Nigel Culkin, Senior Academic Manager, University of Hertfordshire (UH), United Kingdom. Adapun untuk Invited speaker sesi ini adalah Dr. Edhijanto Widaja Taufik, Founder & President Director, PT Mandaya Sehat Utama. Keduanya membahas tentang tema yang diusung dalam konferensi.

Dalam pembahasannya, Prof. Nigel mengulas tentang dislokasi pada rantai suplai secara global yang terjadi selama pandemi Covid-19 dan bagaimana cara mengatasinya. Sementara dalam pembahasan yang disampaikan Dr. Edhijanto lebih menekankan pada strategi dinamis untuk mempertahankan turbulensi keuangan yang terjadi selama masa pandemi.

Dr. Dimas Maulana, M.M., Dosen dan Peneliti di Bidang Strategic, Innovation, and Transformation, PPM School of Management, berperan menjadi moderator dan mengawal sesi ini dari awal sampai akhir dengan baik. Plenary session ditutup dengan pemberian sertifikat kepada keynote dan invited speaker oleh Dr. Pepey Riawati Kurnia.

Pukul 15.00 – 17.00 WIB, dilanjutkan dengan parallel session kedua, yang terdiri dari satu kelas hybrid, satu kelas offline, dan dua kelas online. Sesi terakhir ini sekaligus menutup rangkaian kegiatan di hari pertama.

Hari kedua, dimulai dengan Coaching Clinic Session. Sesi ini dibawakan oleh Prof. Dr. Ming-Lang Tseng, Editor in Chief, Journal of Industrial and Production Engineering (JIPE), Taiwan, dan Mr. Yeneneh Tamirat Negash, Ph.D., Assistant Professor, Department of Business Administration, Asia University, Taiwan, sebagai moderator nya. Materi yang dibawakan oleh Prof. Tseng sangat menarik, karena memiliki banyak pengetahuan dan informasi tentang proses publikasi, khususnya dalam jurnal internasional, yang tentunya sangat diperlukan oleh para peneliti dan akademisi.

Acara dilanjutkan dengan parallel session ketiga dan keempat, di mana ketentuannya, sama dengan hari pertama. Tepat pukul 15.00 WIB, acara dilanjutkan dengan closing ceremony. yang dibuka dengan pemberian sertifikat apresiasi kepada perwakilan dari lima institusi Co-Host dalam konferensi ini. Adapun kelima institusi tersebut, adalah Telkom University, STMIK Rosma, Atma Jaya Makassar University, LSPR Communication & Business Institute, dan Universitas Prasetiya Mulya.

selanjutnya, diumumkan lima paper terbaik yang sudah terpilih. Sebagai informasi, jumlah peserta yang registrasi sebanyak 157 user, dari sana terdapat 136 paper yang di submit, adapun paper yang berhasil diterima sebanyak 102 paper, dengan rejection rate 33%. Dari semua peserta yang mendaftar, terdapat 42 universitas yang telah berkontribusi, baik dalam negeri maupun luar negeri.  Lima paper terbaik yang terpilih berasal dari Widya Mandala Surabaya Catholic University, Telkom University, Hanoi University of Science and Technology, dan School of Business Institut Teknologi Bandung.

Akhirnya, acara ditutup dengan closing speech yang dibawakan oleh Aning Ayucitra, M.Eng.Sc., Ph.D., IPM, ASEAN Engineer, selaku Vice Rector for Academic, Research and Community Service Affairs, Widya Mandala Surabaya Catholic University. APRMC ke-4 ini ditutup dengan filed trip dengan tujuan Pulau Madura pada 20 Mei 2022. 

Komunikasi Korporat