PPM School of Management dan Le Minerale Gelar Kompetisi Kasus Bisnis Tingkat Nasional Bergengsi
Menteng 29 November 2023, PPM School of Management (PPM School) kembali menyelenggarakan PPM Business Case Competition (PPM BCC), kali yang ke-14 ini berkolaborasi dengan Le Minerale dengan fokus pada tema “Innovative Marketing Tactics for Disrupting Established Brands in the Mineral Packaged Water Industry.” Kompetisi kasus bisnis ini tidak hanya memberikan peluang kepada mahasiswa untuk berkompetisi di tingkat nasional, namun juga mendorong inovasi dalam taktik pemasaran di industri air kemasan mineral.
Latar Belakang Business Case Competition
PPM School of Management, melalui Research Center for Case Clearing House (RC-CCH), telah menjadi pelopor dalam menciptakan kasus bisnis dari perusahaan terkemuka Indonesia yang dapat mencerminkan kekayaan budaya lokal sekaligus tetap relevan dengan dinamika bisnis global.
Kasus bisnis ini dihasilkan oleh RC-CCH, bukan hanya menjadi bahan ajar di lingkungan akademis formal PPM School of Management, namun juga digunakan dalam berbagai pelatihan manajemen di tingkat nasional dan internasional. PPM BCC tidak hanya menciptakan pengalaman belajar yang berharga, namun juga memperkuat hubungan antara dunia akademis dan industri bisnis yang terus berkembang di tanah air.
Untuk ke-14 kalinya PPM School of Management menjadi tuan rumah, kali ini bagi 12 tim finalis dari perguruan tinggi terkemuka di bidang bisnis, sebut saja PPM School of Management, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Gadjah Mada, Trisakti School of Management, Universitas Brawijaya, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Padjadjaran, Universitas Ciputra, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan Universitas Bina Nusantara.
Bapak AC Mahendra K Datu, BA., MA., Ph.D., Ketua PPM School of Management dalam sambutannya menjelaskan, “Kami memiliki tekad untuk menyajikan kasus bisnis yang tidak hanya mendidik mahasiswa tetapi juga menciptakan nilai tambah bagi dunia bisnis. Kolaborasi kami dengan Le Minerale dalam PPM BCC ke-14 ini mencerminkan semangat inovasi yang senantiasa kami tanamkan di kalangan mahasiswa.”
Taktik Pemasaran Inovatif di Industri Air Mineral
Dengan mengambil kasus riil dari Le Minerale, peserta PPM BCC ke-14 diuji untuk mengembangkan taktik pemasaran inovatif yang dapat menggempur merek-merek mapan di industri air kemasan mineral. Kasus ini membawa pemahaman mendalam tentang tantangan dan peluang yang dihadapi perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar global.
“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada para mahasiswa atas respons dan solusi kreatif yang mereka tawarkan dalam kasus Le Minerale di PPM Business Case Competition. Kami percaya bahwa ide-ide segar dari generasi muda ini akan membantu kami memperkuat posisi dan kontribusi positif kami di pasar.” ujar Bapak Valensius Calvin, Brand Manager Digital Le Minerale dalam sambutannya.
Melalui kampanye #JadiBaruLagi dari program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN), memperkuat komitmen Le Minerale dalam mengurangi limbah plastik dan mendukung upaya menciptakan ekonomi sirkular yang berkelanjutan di Indonesia. “kampanye JadiBaruLagi adalah langkah nyata kami untuk menghadirkan solusi inovatif dalam menjaga kelestarian lingkungan,” pungkas Bapak Valensius.
Rangkaian Acara Memukau dan Seleksi yang Ketat
Pembukaan pendaftaran The 14th PPM BCC dibuka sejak Juni sampai dengan September 2023. Sebelum presentasi solusi bisnis, lebih dari 100 tim melewati uji Analisis Kasus Bisnis Le Minerale. Setiap paper hasil analisis ditelaah dalam double-blind review oleh dosen dari perguruan tinggi mitra PPM School of Management demi menjamin objektivitas dan kualitas analisis.
Setelahnya, terpilih 12 besar finalis yang diundang pada babak final The 14th PPM BCC. Dalam babak final tersebut para finalis diminta presentasi 10 menit, tim menampilkan solusi bisnis mereka diikuti sesi ‘Golden Question’ selama 3 menit. Babak final selanjutnya mempertemukan 4 tim terbaik dalam sesi tanya jawab ketat bersama dewan juri yang terdiri dari akademisi, perwakilan perusahaan, dan praktisi bisnis. Proses ini bukan hanya seleksi pemenang, melainkan juga uji tuntas ide dan solusi bisnis peserta.
Pengumuman Pemenang dan Harapan Masa Depan
Adapun tim pemenang The 14th PPM BCC adalah, Juara 1 diraih Universitas Brawijaya, Juara 2 dari Trisakti School of Management, Juara 3 Institut Teknologi Bandung, dan Juara 4 Universitas Katolik Parahyangan, menonjolkan kemampuan mereka dalam merumuskan solusi kreatif yang relevan dengan tren bisnis global.
PPM School of Management berharap melalui PPM BCC ini mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide inovatif yang tidak hanya menciptakan perubahan di tingkat lokal namun juga dapat bersaing di panggung internasional. PPM School of Management terus mendorong pertukaran ide dan pengalaman antara dunia akademis dan industri.