PPM EXECUTIVE DEVELOPMENT PROGRAM

Customer Satisfaction Management

Ketatnya persaingan di berbagai industri jasa maupun produk menjadi salah satu alasan perusahaan untuk terus memastikan pengelolaan interaksi antara perusahaan dan pelanggan sehingga pelanggan dapat memperoleh kepuasan. Untuk menghasilkan kualitas layanan yang prima tersebut diperlukan sistem layanan yang terintegrasi, yang meliputi layanan front stage maupun dukungan backstage dari suatu perusahaan.

Perusahaan juga perlu mengetahui kualitas layanan, mengevaluasi persepsi pelanggan terhadap produk dan pelayanan, dengan berbagai metode riset yang terintegrasi pada setiap rangkaian layanan yang diperoleh dari gambaran service blueprint (cetak layanan). Hal ini juga telah menjadi salah satu persyaratan di dalam ISO 9001:2008. Dari hasil review ataupun penilaian pelanggan tersebut, perusahaan dapat melakukan perbaikan dan peningkatan pada proses layanan yang akan menghasilkan kepuasan pelanggan dan secara tidak langsung akan berujung pada loyalitas pelanggan dan berkorelasi positif pada peningkatan profit perusahaan.

Apa tujuan yang akan dicapai

Setelah selesai mengikuti program ini, peserta diharapkan mampu:

Memahami tentang konsep kepuasan pelanggan terpadu

• Memahami dan mampu membuat service blueprint 

• Memahami pentingnya melakukan redesign terhadap service blueprint untuk meningkatkan kualitas layanan

Apa Saja yang Dibahas

Pengenalan Konsep Pengelolaan Sistem

Contoh-contoh best practice dari perusahaan dengan customer satisfaction management yang unggul

Penyusunan Service Blueprint

Konsep Kepuasan Pelanggan

Desain Riset Pengukuran Kepuasan Pelanggan

Desain Kuesioner Pengukuran Kepuasan Pelanggan

Teknik Analisis Hasil Pengukuran Kepuasan Pelanggan

Siapa Saja yang Perlu Ikut

Program Terkait

Manajer Senior

Manajer

Jadwal Program

In-Class Training

20 - 21 Agustus 2025

• 26 - 27 November 2025

BIAYA PROGRAM

Rp. 5.800.000

In-Class Training
2 hari (16 jam)

Rp. 3.500.000

Live Virtual Training
3 hari (9 jam)

Rp. 1.800.000

Online Training
3 minggu

Informasi & pendaftaran