PPM Manajemen Berlayar Bersama Pelni
PPM Manajemen melalui Divisi Pembelajaran Inggiya menyelenggarakan Diklat Managerial Pegawai Laut Level Muda untuk para Kader Pengelola Organisasi (Management Team) awak kapal PELNI, diperuntukkan bagi 3 (tiga) jenjang jabatan, yaitu Tingkat Muda, Tingkat Madya, dan Tingkat Utama yang dihadiri oleh 20 orang peserta.
Diklat ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari secara tatap muka di Hotel Bahtera Pelni, Bogor dengan durasi 8 jam per harinya. Materi – materi disampaikan oleh para pengajar yang berpengalaman diantaranya Nanda Aulia Sari sebagai Program Manager dan Fasilitator, hadir juga Daniel David Gultom Pasaroan dan Balgis Albugis sebagai Fasilitator.
Rangkaian diklat ini dilaksanakan mulai tanggal 7 Agustus 2023. Hari pertama para peserta dipandu mempelajari Experiential Learning Start: Enhancing Operational Excellence Challenge, Conceptual Loading: Effective Communication & Voice of Customer, dan Framing: Continuous Improvement Process (melihat penyimpangan), tak lupa juga para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok Coaching serta masing – masing peserta mempersiapkan Assignment Project untuk di akhir program.
Pada hari kedua, para peserta melanjutkan Conceptual Loading, juga dipandu untuk mempelajari Mini Presentation: Voice of Customer, Experiential Learning: Operational Excellence, Framing: Membangun tim yang efektif untuk menjalankan improvement (Building Effective Teamwork).
Hari ketiga, peserta diklat melanjutkan Mini Presentation: Action Plan Improvement, Experiential Learning: Building Effective Teamwork, Experiential Learning: Effective Team Leadership, dan para peserta juga mempersiapkan materi presentasi kelompok.
Hari terakhir para peserta diklat melaksanakan presentasi kelompok kepada panelis serta Briefing: Post Assignment Project.
Metode pembelajaran menggunakan Experiential learning, atau pembelajaran berbasis pengalaman, dimana metode pembelajaran ini memiliki sejumlah hal menarik yang membuatnya menjadi pendekatan pembelajaran yang efektif.
Keterlibatan aktif para peserta mengikuti pembelajaran melalui praktek, para peserta sangat termotivasi mengembangkan keterampilannya, saling berkolaborasi mengkoneksikan para emosional.
Pelni merupakan salah satu klien PPM Manajemen sejak tahun 2013, diklat ini diselenggarakan merupakan cara Pelni menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan keterampilan mengembangkan Kompetensi Kepemimpinan & Fundamental dan kemampuan awak kapal mereka dalam hal manajemen.
Diklat semacam ini dapat membantu awak kapal dalam memahami dan mengelola aspek-aspek manajerial yang relevan dalam operasi kapal dimana Pelni menjadi perusahaan pelayaran.
Dengan melibatkan awak kapal dalam pelatihan semacam ini, Pelni dapat meningkatkan profesionalisme dan efisiensi operasional mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan keselamatan kapal, kualitas layanan, dan hasil perusahaan secara keseluruhan