PDMAI Academic Gathering: Membangun Indonesia Emas dengan Inovasi

PDMAI Academic Gathering: Membangun Indonesia Emas dengan Inovasi

Menteng-Meningkatnya populasi usia emas menjadi fenomena yang tidak hanya terjadi di negara-negara maju, namun juga di Indonesia. Seiring itu, muncul pula tantangan dalam menyediakan fasilitas yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Saat ini kelompok usia emas seringkali menghadapi masalah terkait kurangnya fasilitas yang dapat mendukung kesejahteraan mereka secara optimal. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk mengembangkan fasilitas dan produk inovatif yang dapat menjawab kebutuhan khusus kelompok ini. 

Untuk menjawab tantangan ini melalui diskusi dan kolaborasi antar berbagai pemangku kepentingan. Product Development and Management Association (PDMA) Indonesia menyelenggarakan Academic Gathering dengan mengusung tema “Innovation for the Golden Society: Designing for the Golden Society in Indonesia” (15/10). Acara ini mengeksplorasi berbagai inovasi dan tren terkini dalam pengembangan produk dan fasilitas cerdas bagi usia emas, strategi untuk mengimplementasikannya secara efektif di Indonesia.

Diselenggarakan di Beranda PPM, dan untuk memfasilitasi member yang berada di luar kota, academic gathering PDMA Indonesia ini diselenggarakan secara hibrida, dan dihadiri puluhan member serta terbuka untuk umum & mahasiswa.

Dengan menggabungkan pengetahuan dari para pemimpin bisnis, akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan, Academic Gathering ini diharapkan dapat menghasilkan solusi inovatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup kelompok usia emas di Indonesia. Inovasi ini akan menjadi jembatan yang menghubungkan kita menuju masa depan yang lebih baik bagi masyarakat emas, di mana setiap individu dapat menikmati usia lanjut mereka dengan nyaman dan sejahtera.

Odoo text and image block

Dalam sambutannya, Ibu Pepey Riawati Kurnia selaku Koordinator PDMA Indonesia menyampaikan, bahwa acara ini bertujuan untuk mendorong pengembangan produk pintar yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya bagi kelompok usia lanjut yang sering disebut sebagai “Golden Society.”

“Kami ingin menciptakan produk yang bukan hanya canggih secara teknologi, namun juga inklusif dan mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat, terutama mereka yang berada di usia emas. Inovasi ini diharapkan bisa membawa perubahan positif dalam keseharian mereka,” ujar Pepey.

Odoo image and text block

Acara ini menghadirkan para pakar dari berbagai bidang, yaitu Ilma Mufidah, S.T., M.T., MBA., Ph.D (Kepala Program Studi Teknik Industri – Program Magister Telkom University); David Chandrawan, S.T., M.M (Ketua Umum Ikatan Alumni PPM School of Management & Assistant Vice President Bank Central Asia); SM Widyasari, S.K.M., M.M (Direktur Utama PT Exindo Global Sinergi/Praktisi Inovasi & Branding) dan dimoderatori oleh Dr. Ir. Puti Retno Ali, STP., MBA., IPM., ASEAN Eng., ICP-ACC.,ICP-BAF (Business Agility Catalyst PASSolving Consulting).

Pengembangan produk cerdas untuk usia emas kini menjadi tren yang semakin mendapatkan perhatian dari kalangan peneliti dan praktisi. Inovasi dalam desain dan pengembangan produk ini tidak hanya menawarkan solusi praktis, namun juga menciptakan jembatan untuk mencapai masa depan yang lebih baik bagi kelompok usia emas. Produk cerdas yang dirancang khusus untuk usia emas dapat memberikan akses yang lebih mudah, kenyamanan, dan keamanan, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup mereka. 

Inovasi dalam pengembangan fasilitas dan produk bagi usia emas harus didasarkan pada pemahaman mendalam tentang kebutuhan mereka yang unik. Hal ini mencakup aspek fisik, emosional, dan sosial yang memengaruhi kesejahteraan mereka. Melalui pendekatan inovatif, kita dapat menciptakan solusi yang lebih holistik dan inklusif, memastikan bahwa individu di usia emas dapat menjalani kehidupan yang lebih mandiri dan bermartabat.

Dengan tema besar “Designing Smart Product for the Golden Society”, Academic Gathering PDMA Indonesia 2024 diharapkan bisa menjadi katalisator bagi terciptanya lebih banyak inovasi produk yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Inovasi tersebut diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik bagi generasi saat ini dan mendatang.

Komunikasi Korporat

Leave a Reply

Your email address will not be published.