Kompetensi Karyawan Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis
Kompetensi karyawan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Karyawan yang kompeten akan mampu bekerja dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas. Hal ini tentu akan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan.
Dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, kompetensi didefinisikan sebagai kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Setiap perusahaan tentunya menginginkan karyawannya kompeten. Hal ini karena karyawan yang kompeten akan mampu berkontribusi lebih besar bagi perusahaan.
“Kompetensi karyawan berbanding lurus dengan perkembangan perusahaan. Semakin tinggi kompetensi SDM-nya, semakin produktif kinerjanya, maka semakin cepat perkembangan perusahaan untuk mencapai tujuannya,” ujar Kepala Divisi Asesmen SDM PPM Manajemen, Galuh Putri Asrirani.
Lalu bagaimana sebuah perusahaan mengetahui sekompeten apa para karyawannya? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan asesmen. Asesmen merupakan proses menghimpun informasi terkait partisipan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi profil kompetensi individu sesuai dengan syarat kompetensi jabatan.
Di Indonesia, ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa asesmen. Salah satunya adalah PPM Manajemen, yang telah menjadi mitra strategis pelbagai perusahaan di Indonesia sejak lebih dari tiga dekade.
Galuh menjelaskan, asesmen merupakan program untuk mengidentifikasi profil kompetensi individu sesuai dengan syarat kompetensi jabatan.
Program ini menggunakan kombinasi pendekatan untuk menghasilkan gambaran profil individu secara komprehensif, seperti Personality based Assessment, Knowledge based Assessment, dan Competency based Assessment.
Tujuan dilakukannya asesmen adalah mengidentifikasi kandidat untuk suatu tujuan tertentu seperti seleksi, promosi, maupun rotasi. Selain itu, dengan dilakukannya asesmen, perusahaan dapat mengidentifikasi gap kompetensi dari kandidat yang nantinya bisa digunakan sebagai program pengembangan.
“Dengan kata lain, program asesmen merupakan program yang diperlukan oleh setiap perusahaan dalam pengelolaan SDM-nya dan meningkatkan kapabilitasnya dalam mencapai tujuan perusahaan,” tuturnya.