PPM School of Management dan PT Wahana Kalyanamitra Mahardhika Hadirkan Kompetisi Kasus Bisnis Terbesar di Indonesia

PPM School of Management dan PT Wahana Kalyanamitra Mahardhika Hadirkan Kompetisi Kasus Bisnis Terbesar di Indonesia

Jakarta, 29 Agustus 2024 – PPM School of Management dengan bangga menyelenggarakan The 15th PPM Business Case Competition (PPM BCC), kali ini bekerja sama dengan PT Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM), lini bisnis dari Wahana Artha Group, salah satu grup perusahaan terkemuka di Indonesia yang memiliki fokus utama pada industri otomotif, jasa keuangan, dan layanan konsumen. Dikenal sebagai pemimpin di pasar otomotif melalui distribusi sepeda motor Honda, Wahana Artha Group juga memiliki portofolio yang luas mencakup asuransi, pembiayaan, serta logistik.

Tahun ke-15 ini, tema yang diangkat dalam PPM BCC adalah ”Transformasi Strategis PT Wahana Kalyanamitra Mahardhika dalam Menghadapi Disrupsi Inovasi”. Kompetisi ini mengundang mahasiswa tingkat D4/S1 dari seluruh Indonesia untuk menunjukkan kecerdasan dan kreativitas mereka dalam menghadapi tantangan bisnis nyata di era disrupsi.

Odoo text and image block

Dalam sambutan, Ketua Sekolah Tinggi, PPM School of Management A.C. Mahendra K. Datu, memberikan apresiasi kepada dewan juri dan juga para peserta yang terpilih dari 117 tim.

“Jadi sangat istimewa. Apapun yang terjadi sore nanti, itu adalah pencapaian yang terbaik. Dan kita sangat bangga di PPM School menyambut orang-orang terbaik, anak-anak muda terbaik,” ungkapnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, BCC yang sudah mencapai ke-15, setiap tahun diadakan bukan simulasi kasus, tapi kasus nyata yang dikemas dalam kompetisi. “Hal itu untuk memastikan bahwa apa yang terjadi hari ini bermanfaat bagi industri dan ekonomi,” tegasnya.

PPM Business Case Competition (PPM BCC) yang diselenggarakan oleh PPM School of Management, telah menjadi ajang bergengsi bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menganalisis dan memberikan solusi terhadap kasus bisnis nyata. PPM School berkomitmen untuk menghasilkan kasus-kasus bisnis yang mencerminkan konteks lokal dengan relevansi global, yang nantinya akan menjadi bahan ajar tidak hanya di PPM School namun juga di berbagai pelatihan manajemen nasional dan internasional.  

PPM BCC ke-15 kali ini mengundang 12 tim finalis dari berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia untuk bersaing dan mempersembahkan solusi mereka kepada juri yang terdiri dari praktisi bisnis, akademisi, dan perwakilan PT WKM. Kompetisi ini dirancang untuk menghubungkan dunia akademis dengan industri, menciptakan sinergi yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis di Indonesia.

Dalam menghadapi tantangan disrupsi inovasi, PT WKM telah menjadi contoh perusahaan yang berani melakukan transformasi strategis. Peserta The 15th PPM BCC ditantang untuk mengembangkan strategi inovatif yang dapat membantu PT WKM tetap relevan dan kompetitif di pasar yang terus berubah.

“Kami sangat menghargai keterlibatan para mahasiswa dalam mengkaji dan memberikan solusi atas tantangan yang kami hadapi. Ide-ide segar dan inovatif dari para peserta diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam transformasi kami,” ujar Bapak Edi Setiawan selaku Chief of Marketing Officer dari Wahana Artha Group. 

Odoo image and text block

Pembukaan pendaftaran The 15th PPM BCC dimulai sejak Juni hingga September 2024. Lebih dari 100 tim dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam seleksi awal, yang meliputi penilaian analisis kasus melalui double-blind review oleh dosen mitra PPM. Dari proses ini, terpilihlah 12 tim finalis yang diundang untuk melakukan Business Pitching terkait solusi mereka di hadapan para dewan juri. 

Akan dipilih empat tim untuk lolos ke Babak Grand Final dan  mengikuti sesi tanya jawab langsung dengan dewan juri, di mana terdapat perwakilan dari perusahaan Wahana Artha Group serta akademisi dan praktisi dari berbagai industri. Adapun Tim yang keluar sebagai juara dalam The 15th PPM Business Case Competition adalah:

●       Juara 1  Institut Teknologi Bandung

●       Juara 2 Sampoerna University

●       Juara 3 Universitas Brawijaya, dan

●       Juara 4 Universitas Terbuka Denpasar

PPM School of Management berharap, melalui PPM BCC mahasiswa dapat terus mengembangkan kemampuan analitis dan kreativitas mereka untuk menghadirkan solusi yang tidak hanya efektif di tingkat lokal tetapi juga memiliki daya saing internasional.  

Baca Juga

Komunikasi Korporat

Leave a Reply

Your email address will not be published.