PPM Executive Development Program
HR Business Partner
Dalam satu dekade, HR telah menjalani proses transformasi. Saat ini kondisi ekonomi berubah dengan cepat, tantangan bisnis sangat dinamis, diperkuat dengan perkembangan teknologi digital sangat pesat. Tidak dapat dipungkiri hal yang membedakan satu organisasi dengan organisasi lainnya adalah orang-orang di dalamnya. Peran HR dalam mendukung organisasi bertahan dalam persaingan semakin dibutuhkan.
Peran administratif dan fungsional HR yang selama ini dijalankan tidak lagi cukup untuk membawa organisasi menghadapi tantangan perubahan zaman. HR yang selama ini lebih banyak menjawab kebutuhan stakeholder internal (karyawan dan manajemen) harus meluaskan cara pandangnya. HR saat ini juga perlu mengenali kebutuhan stakeholder eksternal (customer, investor, komunitas, dll) untuk dapat menjadi mitra diskusi dan mencari solusi bagi unit bisnis dalam mempersiapkan orang-orang yang sesuai kebutuhan perkemban- gan bisnis tersebut. HR saat ini harus bisa melakukan fungsi HR untuk mendukung organisasi memenangkan persaingan.
Program pelatihan HRBP ini memberikan pedoman bagi para praktisi HR untuk memberikan value kepada para pemimpin unit bisnis, memastikan organisasi mampu memenangkan persaingan. HRBP berperan sebagai mitra bagi para pemimpin unit bisnis untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan memberikan layanan HR yang mendukung perkembangan bisnis tersebut.
Peserta akan belajar mengenai peran dan tanggung jawab HRBP, struktur HRBP, bagaimana menerapkan HR analytic dalam mengidentifikasi kondisi saat ini maupun mengambil keputusan untuk masa depan, memberikan solusi berbasis fakta kepada para pemimpin unit bisnis, serta bagaimana memainkan peran sebagai agen perubahan untuk melaksanakan rencananya sehingga berhasil menjadi mitra bisnis secara menyeluruh.