PPM Executive Development Program
KPI : Aligning Organization's Performance
Setiap organisasi selalu bertujuan untuk menjadi organisasi berkinerja tinggi dengan tujuan dan sasaran tertentu. Untuk memastikan apakah tujuan dan sasaran tersebut tercapai, organisasi membutuhkan satu ukuran pasti dan spesifik yang dapat menjadi cermin kinerja organisasi. Untuk itu Key Performance Indicator menjadi alternatif dalam menentukan ukuran kinerja organisasi.
Key Performance Indicator (KPI) adalah serangkaian ukuran terukur yang dapat digunakan untuk menentukan seberapa efektif suatu perusahaan mencapai tujuan bisnis utamanya. Dengan memiliki KPI yang relevan dan jelas, perusahaan lebih mudah dalam memantau kemajuannya dan mengevaluasi keberhasilannya dalam mencapai tujuan strategis dan operasional, sehingga implementasi siklus manajemen kinerja menjadi lengkap. KPI memberikan informasi dalam bahasa yang sama ke semua tingkatan dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.
Selain itu, memberikan informasi bagi pengambil keputusan untuk meningkatkan kinerja secara terus menerus. Tantangan dalam mengimplementasikan KPI adalah memilih KPI yang relevan dan layak untuk diukur oleh suatu organisasi. Selain itu, tantangan lain adalah memastikan keselarasan cascading KPI dari tingkat organisasi ke tingkat individu.
Program pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dari prinsip dasar KPI untuk melengkapi scorecard organisasi dan unit kerja. Ini termasuk langkah demi langkah memilih KPI, cascading KPI, dan metode untuk memastikan keselarasan KPI. Pelatihan ini menggunakan kombinasi beberapa metode pembelajaran sehingga memungkinkan peserta untuk dapat memperoleh keterampilan praktis. Sangat cocok untuk mereka yang bekerja pada perencanaan strategis, manajemen kinerja, dan fungsi terkait.