QR Payment

EDI PREMONO
Odoo CMS - a big picture

Sobat PPM terakhir bayar pakai QR code kapan nih? Atau jangan-jangan masih asing dengan pembayaran menggunakan QR code.

QR Code Payment sebenarnya mulai dikenal sejak 2012 silam. Fitur ini pertama kali dikenalkan pada aplikasi mobile wallet cryptocurrency Bitcoin yang digunakan untuk menerima dan melakukan pembayaran. Kemudian, pada 2014, perusahaan teknologi asal Tiongkok, Tencent memperkenalkan fitur QR code pada aplikasi WeChat, yang memungkinkan pengguna WeChat untuk melakukan pembayaran secara online.

Kini, pembayaran berbasis QR telah banyak digunakan pada berbagai aplikasi keuangan digital. Pembayaran menggunakan QR Code memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Tentu saja, konsumen tidak perlu lagi dibuat ribet dengan membawa uang tunai, ataupun repot mencari kartu debit atau kartu kredit untuk melakukan pembayaran.

Selain itu, pembayaran menggunakan QR Code juga lebih aman. Data yang digunakan untuk transaksi tersimpan secara aman pada aplikasi di perangkat personal pelanggan. Berbeda dengan menggunakan kartu kredit dimana informasi sensitif seperti misalnya CVV number dapat dengan sangat mudah untuk diketahui oleh orang lain.