Kelebihan Transaksi DLT

EDI PREMONO
Odoo CMS - a big picture

Digital versus Payment (DvP) pada dasarnya merupakan pemanfaatan berikutnya dari Distributed Ledger Technology (DLT), yakni sebuah jaringan virtual yang secara konsisten dan koheren melakukan sinkronisasi data dari para penggunanya. Transaksi berbasis DvP sendiri merupakan transaksi yang dilakukan parallel antara kedua pihak yang bertemu dalam waktu yang disepakati untuk melakukan transaksi atas aset yang disepakati bersama.

Kelebihan dari transaksi menggunakan DLT antara lain sebagai berikut:

1. Disintermediasi. Menggunakan model peer-to-peer, transaksi pun dapat dilakukan tanpa adanya intermediasi atau pihak ketiga.

2. Aman. Dengan menggunakan teknologi kriptografi, tiap transaksi dapat terverifikasi menggunakan identitas digital (digital identity) dengan tingkat kepercayaan yang tinggi sehingga memungkinkan adanya proteksi data dan identitas dalam sistem pembayaran.

3. Immutable. Data yang telah tersimpan dalam DLT akan selama tersimpan dalam sistem sehingga menihilkan adanya peluang untuk double spending, fraud, maupun upaya peretasan.

4. Real-time settlement. Dengan DLT, tiap transaksi dapat dilakukan dengan waktu yang hampir bersamaan antara pengguna dengan jaringan. Dengan ini risiko-risiko fraud dan kegagalan transaksi pun dapat diminimalkan.