Eselonisasi 3

EDI PREMONO
Odoo CMS - a big picture

Berbicara mengenai sistem perkembangan karir jabatan fungsional, selain penggolongan, pengembangan kemampuan pun perlu dipersiapkan. Jika melalui tulisan sebelumnya, sistem penggolongan berorientasi pada tingkat keahlian pada bidang keahlian yang digeluti, perluasan kompetensi fungsional lainnya diperlukan untuk meningkatkan kualitas hasil pekerjaan. Untuk mendukung kualitas dari peran fungsional ini, ada 4 aspek kemampuan atau kompetensi yang harus dikembangkan, yaitu inovatif; kolaborasi; conceptual and analytical thinking dan pemecahan masalah. Keempat aspek ini diperlukan selain untuk mendukung ketajaman analisis berdasar bidang keahlian juga meningkatkan kualitas rekomendasi yang akhirnya akan menjadi sebuah kebijakan.

1. Inovatif Berorientasi pada kebaruan ini lebih pada terobosan kebijakan dalam penyelesaian masalah. Dalam tataran ini, staf fungsional harus memiliki perspektif yang luas dan mampu memberikan analisis-analisis baru yang mendukung dan mendorong terciptanya kebaruan kebijakan. Kebijakan yang inovatif sangat diperlukan untuk merespon perubahan yang semakin cepat dan perlunya respon yang tepat dan sesuai dengan keadaan terkini.

2. Kolaborasi Sinergi antar bidang menjadi salah satu kelebihan dari lean management structure. Dengan peran fungsional, analisis dari berbagai bidang keahlian pun akan semakin kompleks dan dibutuhkan. Untuk mengakomodasi ini diperlukan kemampuan komunikasi untuk bisa mengkolaborasikan baik proses menganalisis, mengolah data dan insight hingga merumuskan rekomendasi yang berasal dari berbagai bidang keahlian.

3. Conceptual and analytical thinking Semakin kompleks permasalahan yang dihadapi, semakin banyak pula data dan hasil analisis yang harus diberikan. Untuk itu, kemampuan konseptual dan analisis yang tajam diperlukan agar dapat merumuskan solusi yang tajam dan tepat sasaran sesuai kebutuhan.

4. Pemecahan masalah Tidak hanya mampu merumuskan dengan tajam dan tepat sasaran, untuk merespon permasalahan saat ini, kebijakan yang berorientasi pada pemecahan masalah adalah hal yang penting. Untuk itu, peran fungsional tidak lagi hanya berbicara mengenai kemampuan menganalisis sebuah masalah dan data namun juga harus mampu memberikan rekomendasi kebijakan yang mampu memecahkan masalah yang terjadi.

Odoo CMS - a big picture
Odoo CMS - a big picture
Odoo CMS - a big picture
Odoo CMS - a big picture