Banking Is Necessary But Banks Are Not

EDI PREMONO
Odoo CMS - a big picture

Ungkapan ini telah diutarakan oleh Bill Gates pada tahun 1994. Dan tanpa kita sadari, prediksi Bill Gates menjadi kenyataan pada belasan tahun kemudian. Perubahan dalam industri perbankan dan jasa keuangan sendiri sangat kental dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Ada tiga alasan utama yang akhirnya mendorong perbankan untuk beralih ke dalam jasa perbankan digital.

Pertama, efisiensi. Dengan adanya platform digital, berbagai macam hal dapat terotomatisasi sehingga pada akhirnya akan menghilangkan peran manusia. Sebagai contoh, peran teller kini sudah mulai digantikan oleh mesin ATM setor tunai. Kelak, analis kredit pun akan semakin berkurang karena peran ini akan digantikan oleh peran algoritma dalam berbagai perangkat pintar. Bahkan, di masa yang akan datang bank kelak tidak perlu lagi untuk membuka banyak kantor cabang ketika proses layanan perbankan dapat tersampaikan secara digital.

Kedua, peningkatan akurasi. Dengan bantuan teknologi machine learning dan artificial intelligence, pengambilan berbagai keputusan akan semakin akurat, dan terhindar dari penilaian subjektif individu yang memiliki kecenderungan untuk bias. Selain itu, proses manajemen risiko pun dapat semakin dioptimalkan dengan kehadiran perangkat digital.

Ketiga, peluang pengembangan pasar. Kehadiran digital banking memungkinkan perbankan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Jika perbankan konvensional seringkali terkendala oleh kondisi geografis dan biaya operasional yang tidak sebanding dengan pendapatan dari nasabah; kehadiran digital banking memungkinkan untuk menjangkau nasabah dari berbagai wilayah dengan biaya yang relatif lebih rendah.