Becoming a Professional Executive Secretary in Digital Era

NIZZA KURNIASARI

Sekretaris merupakan profesi yang semakin penting dalam dunia bisnis. Seorang sekretaris tidak hanya mampu untuk mengetik cepat, menulis dengan baik, serta mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris, melainkan harus mempunyai berbagai keterampilan yang mendukung pelaksanaan pekerjaan, seperti mempunyai attitude yang baik, pengetahuan, serta pemahaman yang luas mengenai pekerjaan yang akan dilakukannya.

Di era digital saat ini, syarat akan persaingan yang ketat, sehingga dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas.

Seorang sekretaris yang berorientasi global, harus menampilkan citra perusahaan. Karena sekretaris adalah tangan kanan pimpinan, maka sekretaris juga harus menampilkan citra perusahaan yang baik. Selain itu seorang sekretaris harus ramah, baik dan bertanggung jawab pada semua tugasnya, serta baik kepada relasi dan rekan sekantor. Tidak hanya itu, sekretaris diharapkan selalu up to date terhadap kemajuan teknologi, seperti teknologi informasi.

Pada era globalisasi, sekretaris harus mampu mengembangkan diri mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk menjadi sekretaris yang professional harus dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga mampu mengatasi perubahan dan dapat bekerja secara maksimal (meningkatkan produktivitas) untuk menghadapi dunia kerja, berdaya saing dan semakin maju.

Odoo CMS - a big picture