The 6th PPM Accounting Competition

EDI PREMONO

PPM School of Management (PPM SoM) kembali menggelar PPM Accounting Competition. Kompetisi yang ke-6 kali ini mengambil tema “Digital Accounting”.

Dalam ajang ini, siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat dari berbagai sekolah di Indonesia menggunakan ketangkasannya dalam berhitung, keterampilan, pengalaman, pengetahuan yang mereka serap sepanjang pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah mengenai akuntansi untuk berkompetisi.

Odoo CMS - a big picture

Total terdapat 97 tim yang terdiri dari 3 anggota tiap timnya, mendaftar mengikuti The 6th PPM Accounting  Competition. Yang pada akhirnya terpilih 40 tim yang sudah terseleksi dan berhak mengikuti tahap seleksi selanjutnya di PPM SoM Jakarta.

The 6th PPM Accounting  Competition tidak hanya terdiri dari kompetisi saja. Terdapat talkshow yang bertema “Digital Accounting” terdiri dari beberapa bintang tamu yaitu, Ersa Tri Wahyuni, Ph.D., CAA, CPMA, CPSAK dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI); Aneke Qd dari perusahaan digital input data keuangan terlaris di ranah food and beverages yaitu MOKA Point of Sale; dan owner Bikbuk.com pembuat aplikasi fintech Muhammad Miqdad.

Senin (04/10), bertempat di Kampus PPM School of Management Jakarta. The 6th PPM Accounting  Competition mencapai puncaknya. Diawali sambutan Ketua The 6th PPM Accounting Competition, Hisyam Sjahbandi (Mahasiswa PPM School of Management). Dilanjutkan sambutan wakil ketua bidang kurikulum kemahasiswaan PPM School of Management, Erlinda Yunus Nusron Ph.D.

Odoo CMS - a big picture

Kompetisi ini dibagi beberapa sesi, yang tiap sesinya para peserta akan dieliminasi sesuai dengan skor yang didapatkan.  Sesi pertama yang harus peserta ikuti yaitu “Enjoy The Music” yang diikuti oleh 40 tim dan dicari 20 tim yang berhak melaju ke sesi berikutnya yaitu “Stick Stack”. Sesi selanjutnya “Square Up” yang diikuti oleh 15 tim yang lolos dari sesi sebelumnya. Sesi final, “Find it Break it” menyisakan 5 tim untuk berdebat mengenai kasus akuntansi dan keputusan manajerial Digital Accounting.

Odoo CMS - a big picture

Setelah melalui penilaian yang panjang dan mendalam, akhirnya para dewan juri yang beranggotakan dari akademisi dan praktisi menobatkan pemenang kompetisi kasus bisnis ini.

·         Juara 1: SMA St. Laurencya (Tim 1) - Beasiswa 50 juta dan Uang Tunai 5 juta

·         Juara 2: SMAN 3 Semarang (Tim 1) - Beasiswa 40 juta dan Uang Tunai 3 juta

·         Juara 3: SMA Budi Mulia (Tim 1) - Beasiswa 30 juta dan Uang Tunai 2 juta

·         Juara 4: SMAK BPK 3 Penabur (Tim 3) - Beasiswa 25 juta dan Uang Tunai 1 juta

·         Juara 5: SMAK BPK Kota Wisata (Tim 1) - Beasiswa 20 juta dan Uang Tunai 850 ribu

Odoo CMS - a big picture
Odoo CMS - a big picture