Kolaborasi PPM Manajemen dan USAID CEGAH

EDI PREMONO

Sebagai upaya menjalankan transformasi birokrasi di sektor publik, salah satu program yang dijalankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI adalah menerapkan Manajemen Risiko di Lingkungan Kemendibud.  Kolaborasi PPM Manajemen bersama dengan USAID CEGAH sebagai lembaga donor, melakukan perancangan dan penyempurnaan manajemen risiko terintegrasi di lingkungan Kemendikbud. Program ini bertujuan membangun kesadaran manajemen risiko dan peningkatan kompetensi bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemendikbud. Peserta kegiatan merupakan ASN dari berbagai unit utama di Kemendikbud.

Odoo CMS - a big picture

Training of trainers (TOT) yang diadakan selama 2 hari, Selasa-Rabu (15-16 Januari) di Hotel Century Park, merupakan kegiataan terakhir dari rangkaian kegiatan yang bertajuk tajuk “Improving Risk Mangement Practices in Ministry of Education and Culture.” Program ini terdiri dari beberapa tahap berupa best practice sharing forum dengan pembicara dari PPM Manajemen dan Kementerian Keuangan RI yang bertujuan memperkenalkan dan membangun praktik terbaik manajemen risiko. Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya seperti survei kematangan manajemen risiko, penyusunan struktur dan prosedur, penyusunan kerangka dan proses manajemen risiko, diseminasi manajemen risiko.

Odoo CMS - a big picture

Sebagai kegiatan terakhir, ToT diharapkan dapat membentuk peserta menjadi pelatih dan agen perubahan yang menjadi penggerak utama menyebarluaskan pengetahuan serta membawa perubahaan dalam implementasi manajemen risiko terintegrasi di lingkungan Kemendibud. (EDI)

Odoo CMS - a big picture