Digital Mindset

NIZZA KURNIASARI

Akhir-akhir ini istilah digital ramai diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Media Sosial, Big Data, Mobility & Pervasive Computing, Cloud, AI & Robotics adalah kekuatan digital yang membuka peluang terjadinya disrupsi dan dekonstruksi dari tatanan dunia saat ini, mempengaruhi setiap aspek kehidupan dan bisnis.

Agar organisasi terus berkembang, mereka harus menyusun dan menerapkan strategi bisnis yang selaras dengan perubahan besar yang disebabkan oleh kekuatan-kekuatan ini. Transformasi digital menjadi hal yang mutlak harus dilakukan oleh organisasi jika tidak ingin tergerus di era digital. Transformasi digital mengacu pada transformasi kegiatan bisnis dan organisasi yang memungkinkan organisasi menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan proses dan hasil bisnis.

Transformasi digital organisasi membutuhkan para insan organisasi yang memiliki pola pikir digital (digital mindset), tidak sekadar implementasi teknologi digital terkini. Pola pikir digital bukan hanya kemampuan untuk menggunakan teknologi, namun merupakan sikap dan perilaku yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi digital dalam melakukan berbagai aktivitas. Tanpa adanya pola pikir digital di para karyawannya akan sulit bagi organisasi untuk membentuk organisasi digital. Oleh karena itu, sangat penting bagi organisasi untuk dapat mengidentifikasi dan mengembangkan pola pikir digital para talentanya sebagai langkah awal dalam melakukan transformasi digital. The future of digital is human.

Transformasi digital adalah transformasi pola pikir SDM- nya!

Informasi lebih lanjut silahkan klik link berikut ini :

https://imooji.com/stage/v5/2eCnk/13818