Mewujudkan SDM Tangguh di Masa Pandemi Melalui Pendekatan Baru Dalam Pembelajaran

ALIF PERDANA

The Future is Now, ungkapan yang makin sering terdengar akhir-akhir ini. Bukan sekadar ungkapan namun ini adalah gambaran dari bagaimana aksi kita saat ini dapat memengaruhi masa depan. Seperti menyikapi pandemi COVID-19 yang melanda. Kondisi ini seakan memaksa dan menjadi momentum bagi kita untuk beradaptasi memanfaatkan teknologi dalam berbagai sektor kehidupan sebagai dampak keharusan menerapkan protokol kesehatan dan membatasi pertemuan serta perkumpulan secara fisik. Akibatnya, organisasi pun digiring untuk bisa lebih cepat beradaptasi dan menyiapkan SDM-nya menghadapi perubahan-perubahan ini.

Keberadaan SDM yang tangguh, disiplin, dan adaptif tentu menjadi kekuatan utama organisasi di masa yang tidak menentu untuk dapat terus konsisten mencapai tujuannya. Kesiapan SDM harus selaras dan diimbangi dengan kemampuannya menyerap perkembangan teknologi. Hal ini karena pembelajaran dan pengembangan karyawan yang awalnya bertumpu pada kegiatan tatap muka secara langsung di kelas kini berkembang dan menyesuaikan dengan situasi pandemi yaitu berpindah kepada pembelajaran jarak jauh melalui sistem virtual dengan beragam variasinya. Di satu sisi, hal ini memudahkan karena lokasi kini tidak lagi menjadi penghalang bagi karyawan untuk bisa mendapatkan pengetahuan baru. Namun di sisi lain, jika SDM tidak siap dan menolak adanya perubahan akan sulit bagi organisasi untuk bertahan.

Berkaitan dengan kondisi di atas, penting bagi organisasi membuat strategi pembelajaran dan pengembangan yang efektif serta mampu diaplikasikan dengan kondisi saat ini. Dengan tetap mengacu pada tujuan organisasi yaitu bisnis yang terus bertumbuh melalui pendekatan dan cara baru, PPM Manajemen mengadakan New Human Capital National Conference (HCNC) 2020 dengan tema New Approach in Learning Development For Future Business Growth. Kegiatan ini terdiri dari conference yang akan dilaksanakan pada 4-5 November 2020 dan workshop pada 11-12 November 2020 dengan tema “Design Virtual Learning Program”. Seluruh kegiatan New HCNC 2020 ini akan disampaikan melalui virtual.

Mengusung tagline“The Future is Now: Transforming HR through Learning Revolution”, kegiatan ini akan menyajikan topik-topik seputar pembelajaran dan pengembangan seperti Developing Powerful Learning Content via Social Media, Leadership through Transformational Learning, Effectiveness of Virtual Experiential Learning, Grand Design Learning Transformation in Multi-Industry Corporations  dan masih banyak lagi.  Topik-topik tersebut akan disampaikan oleh pembicara-pembicara dari praktisi dan akademisi pilihan.


















 

Link pendaftaran: bit.ly/ppmregistrasihcnc2020