Mengembangkan Growth Mindset Untuk Menyukseskan Transformasi Digital

NIZZA KURNIASARI

Dunia menjadi lebih kompleks, lebih tidak pasti dan lebih berubah dari yang pernah ada sebelumnya. Sesuatu yang tidak diharapkan terjadi mengakibatkan bisnis menjadi tidak stabil dan harus beradaptasi atau binasa. Teknologi muncul mengubah hal dikerjakan secara manual, beralih menjadi otomasi dan digitalisasi.

Agar dapat memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan, tidak sekedar dibutuhkan kemampuan adaptasi dengan cepat, tetapi juga harus memiliki cara berpikir (mindset) tertentu yang mendorong seseorang untuk berani dan percaya diri melakukan sesuatu yang baru dan dianggap sulit. Mindset ini disebut sebagai growth mindset. Growth mindset merupakan pola pikir yang menyakini bahwa kemampuan atau kualitas seseorang bukanlah sesuatu yang tetap, melainkan dapat diubah melalui upaya, kerja keras dan latihan terus menerus. Orang yang memiliki growth mindset memandang kegagalan di masa kini bukanlah cerminan masa yang akan datang. Kegagalan bukanlah bukti ketidakmampuan, melainkan sebagai kesempatan untuk belajar, bertumbuh, serta meningkatkan kemampuan yang ada.

Salah satu kunci keberhasilan dalam transformasi digital adalah adanya para insan organisasi yang memiliki pola pikir digital (digital mindset), tidak sekadar implementasi teknologi digital terkini yang dilakukan oleh perusahaan. Pola pikir digital merupakan sikap dan perilaku yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi digital dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan penelitian Center for Human Capital and Development (CHCD) pada tahun 2019, faktor utama pembentuk pola pikir digital adalah adanya pola pikir berkembang (growth mindset).  Apa yang dimaksud dengan growth mindset dan bagaimana cara membentuk growth mindset SDM untuk mendukung keberhasilan transformasi digital?

Mari kita pelajari lebih lengkapnya pada Business Inspiring Forum: “Mengembangkan Growth Mindset untukMenyukseskan Transformasi Digital ” 08 April 2020 di PPM Manajemen, dan dapatkan harga khusus dengan menghubungi Tajudin/Kinasih di nomor WA: 089637344646 atau Menghubungi PPM Center Makasar :

Email: ppm-makassar@ppm-manajemen.ac.id / ppm.center.makassar@gmail.com

Telp: 0411 368 1180 / Wa : 0822-9231-2100

Odoo CMS - a big picture