People Analytics Solutions

NIZZA KURNIASARI

Tak diragukan lagi, people analytics menjadi tren yang banyak diperbincangkan oleh banyak orang di kalangan penggiat human resources (HR) selama bertahun-tahun. Semakin hari semakin banyak orang yang memahami kekuatan dan manfaat analitik untuk meningkatkan dampak positif terhadap bisnis dan pengalaman pelanggan. Perlahan tapi pasti, semakin banyak perusahaan yang mementingkan kualitas data dan kemampuan analisis mereka. Namun, apa ini dapat membawa mereka ke lingkungan kerja yang lebih pintar?

Untuk menuju smart workplace, HR harus mampu memanfaatkan teknologi yang dapat merevolusi cara kita menggunakan data. Sebagai langkah awal, diperlukan dashboard yang dapat memantau pencapaian KPI divisi HR secara real-time.

Manfaat people analytics yang dapat dirasakan divisi HR akan melampaui semua kemungkinan ketika dipadukan dengan teknologi human resource (HR) seperti machine learning GROW360 atau artificial intelligence (AI) dan blockchain

Dengan machine learning GROW360, divisi HR dapat memahami pola dalam big data dan mempercepat proses bisnis. Machine learning dapat membantu divisi HR meminimalisasi kesalahan pekerjaan, dalam hal ini menghilangkan bias pribadi dalam proses seleksi calon karyawan. People analytics yang dikombinasikan dengan machine learning GROW360 juga dapat dimanfaatkan dengan konsep lain, yakni dengan mencocokan kemampuan dan kualifikasi pelamar kerja untuk memberikan rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan preferensi mereka. Sementara itu, blockchain dapat diaplikasikan untuk pengelolaan data pribadi pelamar kerja.

Kekuatan penilaian kompetensi dilakukan berdasarkan empat level pemahaman. Algoritma  Baynesian Machine Learning GROW360 mengkombinasikan data historis dan penilaian  dari sudut pandang kelompok untuk menghasilkan penilaian yang objektif dan bebas bias.  Penyesuaian dilakukan berdasarkan durasi waktu saat merespon, keragaman jawaban  yang diberikan, hubungan kandidat dengan evaluator dan hasil IAT evaluator untuk  menentukan kesesuaian dan kemampuan kandidat dalam menjalankan fungsi pekerjaan.

People analytics memang mengubah cara divisi HR bekerja selama bertahun-tahun, dan dengan mengkombinasikan people analytics dengan teknologi lain, divisi HR dapat meningkatkan nilai bisnis perusahaan.

Mari kita pelajari lebih lengkapnya pada Executive Learning Forum : “ PEOPLE ANALYTICS “

22-23 Mei 2019 di PPM Manajemen, dan dapatkan harga khusus dengan menghubungi Tajudin/Kinasih di nomor WA: 089637344646 atau email ke seminar@ppm-manajemen.ac.id website : https://ppm-manajemen.ac.id/r/TmP