Learning Agility And Growth Mindset

NIZZA KURNIASARI

Dunia menjadi lebih kompleks, lebih tidak pasti dan lebih berubah dari yang pernah ada sebelumnya. Sesuatu yang tidak diharapkan terjadi mengakibatkan bisnis menjadi tidak stabil dan harus beradaptasi atau binasa. Teknologi muncul mengubah hal dikerjakan secara manual, beralih menjadi otomasi dan digitalisasi. Hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan menghadapi seluruh tantangan tersebut adalah menjadi agile. Agile atau agility adalah kemampuan merespons dengan cepat untuk memanfaatkan peluang, mengatasi tantangan, dan akhirnya menjadi sukses.

Agar dapat memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan, tidak sekedar dibutuhkan kemampun adaptasi dengan cepat, tetapi juga harus memiliki cara berpikir (mindset) tertentu yang mendorong seseorang untuk berani dan percaya diri melakukan melakukan sesuatu yang baru dan dianggap sulit.

Mindset ini disebut sebagai growth mindset. Growth mindset merupakan pola pikir yang menyakini bahwa kemampuan atau kualitas seseorang bukanlah sesuatu yang tetap, melainkan dapat diubah melalui upaya, kerja keras dan latihan terus menerus. Sebaliknya, orang yang menyakini bahwa kemampuan seseorang itu merupakan bawaan sejak lahir, dan tidak dapat berubah disebut sebagai fixed mindset. Orang yang memiliki growth mindset memandang kegagalan di masa kini bukanlah cerminan masa yang akan datang. Kegagalan bukanlah bukti ketidakmampuan, melainkan sebagai kesempatan untuk belajar, bertumbuh, serta meningkatkan kemampuan yang ada.

Di era digital ini, tidak hanya tempat kerja dan sistem perusahaan yang dituntut untuk agile, namun orang-orang di dalamnya juga perlu dikembangkan menjadi orang-orang yang agile learner, yang didasari dengan growth mindset. Lalu bagaimana menciptakan learning agility(willingness and ability to learn from experience, and subsequently apply that learning to perform successfully under new or first-time conditions) agar para karyawan menjadi agile learner? Selain itu, bagaimana cara membangung growth mindset?

https://imooji.com/stage/v5/2eCnk/16947

Odoo CMS - a big picture