Gemba Kaizen + Sikap Kerja 5S
08/18/2020 00:00 to 09/11/2020 23:59 (Asia/Jakarta)
Jakarta Pusat,
Harga Early Bird berlaku untuk pendaftaran yang pembayarannya dilakukan sebelum Tanggal berlaku tersebut di atas
Menjawab Masalah Apa
Gemba berarti tempat dimana pekerjaan itu dilaksanakan dan Kaizen berarti penyempurnaan yang dilakukan secara terus menerus. Gemba Kaizen berarti penyempurnaan yang terjadi di tempat kerja dan dilakukan secara terus menerus. Harapannya dengan melakukan kegiatan Gemba Kaizen, faktor produksi yang terdiri dari manusia, mesin, bahan, metode standard dan lingkungan kerja akan dapat dipergunakan secara efisien sehingga produktivitas dan kualitas kerja semakin meningkat.
Pengelolaan tempat kerja menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan Jepang. Lingkungan yang bersih, rapih, teratur akan menjamin kenyamanan dan keselamatan di tempat kerja. 5S merupakan singkatan dari istilah di Jepang yang terdiri dari Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke. Masing-masing kata tersebut berarti pemilahan, penataan, pembersihan (tempat kerja), pemantapan dan pembiasaan (sikap kerja). 5S berisikan konsep dan keterampilan ideal untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan keselematan di tempat kerja
Manfaat Apa Yang Anda Peroleh
Manfaat apa yang Anda peroleh Setelah mengikuti modul ini peserta diharapkan memahami :
Konsep gemba kaizen
Prinsip-prinsip utama dalam melakukan gemba kaizen
Langkah-langkah dalam melakukan Gemba Kaizen
Konsep penerapan quality improvement process
Faktor-faktor pendukung quality improvement
Memahami cara membentuk sikap kerja yang tertib, disiplin dan mempunyai rasa tanggung jawab untuk senantiasa menjaga kebersihan tempat kerja dan sekitarnya untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan kerja bagi seluruh karyawan sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja
Apa Saja Yang Dibahas
Modul 1: Gemba Kaizen
Sesi 1: Konsep Gemba Kaizen
Gemba kaizen
Prinsip Gemba kaizen
Kaizen vs innovation
Langkah gemba kaizen
Sesi 2: Konsep & Contoh Quality Improvement Process
Proses quality improvement
Contoh kasus penerapan
Sesi 3: Faktor-faktor Pendukung Quality Improvement Process
Standarisasi
Laporan hasil
Manajemen Visual
Peran supervisor
Modul 2: Sikap Kerja 5S
Sesi 1: Pendahuluan
Tujuan
Manfaat
Proses menerapkan 5S
Sesi 2: Seiri (Pemilahan)
Konsep pemilahan barang
Contoh penerapan
Sesi 3: Seiton (Penataan)
Konsep seiton
Contoh penerapan
Sesi 4: Seiso (Pembersihan)
Konsep seiso
Contoh penerapan
Konsep seiso
Contoh penerapan
Sesi 5: Seiketsu (Pemantapan)
Konsep Seiketsu
Contoh penerapan
Konsep Seiketsu
Contoh penerapan
Sesi 6: Shitsuke (Pembiasaan)
Reward & punishment
Penolakan penerapan 5S
Reward & punishment
Penolakan penerapan 5S