Kelebihan Conversational Banking

EDI PREMONO
Odoo CMS - a big picture

Keberadaan artificial intelligence atau AI telah banyak merubah cara kita menjalani berbagai aktivitas. Salah satunya terkait dengan customer journey dalam industri perbankan. AI telah memberikan warna baru dalam industri ini dalam bentuk conversational banking.

Melalui conversational banking, pelanggan dapat berinteraksi dengan chatbot, kapan pun, dimana pun, dan dari perangkat apa pun. Selengkapnya, ada empat hal kelebihan yang ditawarkan oleh conversational banking.

1. Kemudahan akses. Dengan chatbot, perbankan dapat memberikan layanan tanpa henti demi memenuhi berbagai layanan yang dibutuhkan pelanggan tanpa harus terjebak dengan waktu operasional perbankan pada umumnya.

2. Kenyamanan. Chatbot dapat diakses dari berbagai macam perangkat/channel selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, yang memungkinkan pelanggan dengan cepat, mudah dan efisien dalam menggunakan layanan perbankan.

3. Personalisasi. Dengan memanfaatkan data pelanggan yang telah terekam, chatbot—melalui conversational banking dapat memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan sesuai dengan perilaku pelanggan yang telah dikenali.

4. Empowerment. Dengan chatbot, pelanggan juga dapat menerima berbagai rekomendasi perencanaan keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang, serta transaksi keuangan rutin semisal membayar tagihan bulanan. Dengan ini, pelanggan pun dapat membuat keputusan finansial yang lebih optimal.