48,9% Penduduk Dewasa Indonesia Memiliki Akun Perbankan

EDI PREMONO
Odoo CMS - a big picture

Sesuai dengan tujuan utama Tekfin yang ingin mendorong inklusi finansial, dalam beberapa post kita akan membahas mengenai hal yang berhubungan inklusi finansial.

Post sore ini akan membahas mengenai informasi inklusi finansial Indonesia secara statistik. Di tahun 2017, tercatat hampir setengah penduduk dewasa Indonesia memiliki akun perbankan. Dari data Global Findex 2017, angka kepemilikian akun perbankan tercatat sebesar 48,9% menunjukkan peningkatan pesat yang mendorong inklusi keuangan di Indonesia. Angka tersebut juga menunjukkan bahwa Indonesia mengalami peningkatan 10% lebih tinggi dari rata-rata perkembangan di dunia dan menjadi negara dengan peningkatan akun terbesar di area Asia Timur dan Pasifik.

Jumlah ini akan semakin meningkat dengan jumlah kepemilikan ponsel pintar yang dimiliki penduduk Indonesia. Dengan kepemilikan ponsel pintar akan semakin besar kemungkinan penduduk Indonesia untuk melakukan pembayaran dan transaksi seluler akan semakin tinggi. Transisi pembayaran upah tunai menjadi digital menjadi langkah selanjutnya untuk optimalisasi inklusi keuangan. Kesempatan pada akses digital menjadi peluang yang besar untuk meningkatkan kepemilikan akun perbankan yang akan secara linier berpengaruh pada tingkat inklusi keuangan Indonesia.