Penjurian Anugerah BUMN 2020

EDI PREMONO

Anugerah BUMN diselenggarakan tiap tahun sebagai bentuk apresiasi terhadap langkah yang telah diambil dan kinerja yang telah dicapai oleh BUMN dan Anak Perusahaan BUMN. Penganugerahan ini secara khusus diberikan kepada BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang mampu menunjukan peningkatan kinerja yang baik dalam bisnisnya, juga kontribusi yang nyata bagi masyarakat Indonesia.

Tujuan diadakan Anugerah BUMN adalah: 1) Guna mendorong pertumbuhan dan penguatan tata kelola perusahaan BUMN yang semakin baik melalui kinerja dan audit keuangan yang semakin baik, 2) Mendorong kepemimpinan CEO BUMN yang mampu memperkuat kinerja korporasi sekaligus mengkonsolidasi SDM yang kompetitif dan berdaya saing kuat di level internasional, dan 3) Mendorong pencapaian kinerja keuangan yang unggul dan siap bersaing secara Global serta Kontribusi BUMN yang nyata bagi masyarakat.

Terdiri atas tiga tahapan. Pertama tahap pengumpulan dokumen atau data pendukung dan penilaian isian dari kuesioner yang sudah diisi dan dilengkapi oleh peserta. Seleksi tersebut sudah dilakukan pada tanggal 5 Februari hingga 28 Februari 2020. Seleksi tahapan kedua dilakukan dengan presentasi dari masing-masing perusahaan. Kegiatan ini dilaksanakan di PPM Manajemen pada 9-12 Maret lalu. Perusahaan yang lolos masuk ke seleksi tahapan kedua ini berjumlah 85 perusahaan.

Pada seleksi tahap kedua, perwakilan dari masing-masing perusahaan memaparkan isi dari kuesioner yang sudah diisi sebelumnya, sesuai kategori yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kategori-kategori tersebut meliputi: 1) Strategi Pertumbuhan, 2) Transformasi Organisasi, 3) Tata Kelola Perusahaan,  4) Pengembangan SDM Unggul, 5) Inovasi Bisnis, dan 6) Aliansi Strategis Nasional dan Global.

Dewan Juri yang dipilih untuk Anugerah BUMN memiliki keahlian, kapabilitas, kredibilitas, dan reputasi yang sangat baik di bidang tata kelola perusahaan (GCG), manajemen, finansial, dan kepemimpinan. Komposisi dewan juri mencakup berbagai macam unsur, yaitu Akademisi, Peneliti, Praktisi dan Media. Total Dewan Juri yang berkontribusi pada penjurian Anugerah BUMN ini adalah 34 juri.