Meet Media Darling 2021

PPM Manajemen Perkuat Learning Technology

EDI PREMONO

Menteng, (23/02). PPM Manajemen kembali menggelar Media Gathering, karena terbentur pagebluk Covid-19 acara dilangsungkan secara daring. Namun hal itu tidak mengurangi esensi dari sebuah gathering. Bak pertemuan dua sejoli, PPM Manajemen dan Media Massa saling larut dalam pertemuan via platform Zoom yang diberi nama Meet Media Darling 2021.

Master of Ceremony membuka acara dengan menyajikan video sekilas PPM Manajemen dalam New Normal. Kemudian Dr. Ir. Triono Saputro, M.Si selaku Act. Executive Director PPM Manajemen, dalam sambutannya mengawali dengan statement PPM Manajemen mampu Dancing with The Pandemic, dan tetap berkarya dengan melakukan inovasi dalam pelayanannya.





“Saat ini kami merangkul teknologi bahkan bisa dibilang melakukan investasi besar dalam teknologi,
namun hal itu bukan mendadak. Kami fokus menjadikan teknologi sebagai backbone layanan pembelajaran di PPM sudah sejak satu dekade lalu, pandemi covid menjadi percepatannya saja, dengan begitu kami bisa dancing with the pandemic.” ujar Triono Saputro.

PPM Manajemen berfokus pada pembelajaran dengan teknologi sebab tidak bisa dipungkiri dewasa ini kita concern pada learning experience maka sudah pasti membutuhkan learning technology, dan itu tidak hanya berlaku bagi PPM Manajemen semata, namun bagi seluruh perusahaan di Indonesia.

Dari sana maka lahirlah Solusi Teknologi Pembelajaran (STP) sebagai jasa layanan terbaru PPM Manajemen. STP sendiri memiliki dua jenis service and solution, pertama Content Development Services, jasa bagaimana kita mengubah konten pembelajaran konvensional menjadi konten berbasis digital atau biasa kita sebut E-Learning. Kontennya meliputi Podcast, Video, Animasi Interaktif, page turner, game based learning. Pendekatan yang kita biasa bangun adalah Mikro Learning.

Kedua, Digital Platform Pembelajaran, biasa disebut dengan Learning Management System (LMS) di mana terdapat dua skema yang ditawarkan, yakni LMS development yaitu membangun dari awal nanti dioperasionalkan oleh klien, dan LMS Manage Services yaitu menyewa dari PPM Manajemen dan juga dibantu dalam pengoperasiannya.



Dalam Meet Media Darling kali ini, turut hadir Ketua Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Prof. Bramantyo Djohanputro, MBA, Ph.D., dan Direktur Jasa Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen Dr. Pepey Riawati Kurnia, M.M. Dalam kesempatannya, Prof. Bram menyampaikan bahwa PPM School of Management (PPM SoM) telah menerbitkan produk baru, yakni Mini MM dengan kelas khusus Perusahaan (PT SSL) dan kelas heterogen.

PPM SoM juga mendapatkan predikat Unggul dari BAN-PT dan di Journal of Management and Business Review (JMBR) berhasil meraih peringkat 3. Mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana PPM SoM berhasil menjuarai 15 lomba dan lebih dari 40 orang menerima beasiswa. PPM SoM juga telah berkolaborasi dengan organisasi taraf internasional seperti KBRI Cairo dan Persatuan Pelajar Indonesia se-Dunia untuk menyebarkan ilmu manajemen bisnis.

Lain lagi cerita Dr. Pepey Riawati Kurnia yang menjelaskan program barunya di Jasa Pengembangan Eksekutif, berjuluk “PodManis – Podjok Manajemen dan Bisnis”,  sebuah podcast yang dikelola dengan semangat menjadi relevan bagi anak muda yang memiliki ketertarikan terhadap tema bisnis dan manajemen yang dibawakan secara ringan. Podcast akan resmi mengudara per 1 Maret 2021.

Dengan tagline “your one stop management and business channel”, PodManis diharapkan menjadi sumber utama bagi para pendengar podcast di Indonesia untuk mendapatkan konsep penerapan teori manajemen dan bisnis pada kehidupan sehari hari.

Kemudian, ada juga Produk baru bernama PPS (Program Pelatihan Sertifikasi) yang eksis Oktober 2020 lalu. Hadir sebagai jasa pelatihan sertifikasi berlisensi yang berpengalaman,  terpercaya, serta mencakup seluruh bidang fungsional manajemen, berskala nasional dan internasional. Hal ini buah dari pengalaman PPM Manajemen yang telah lebih dari 15 tahun menjadi lembaga sertifikasi, memberikan jaminan sertifikasi kompetensi berskala nasional dan internasional.

PPM Manajemen memiliki LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi), kini dipercaya oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk melaksanakan uji sertifikasi online/asesmen jarak jauh (AJJ) sejak Mei 2020. Dengan adanya AJJ ini memberikan nilai tambah bagi seluruh rantai nilai dalam proses sertifikasi profesi karena kini sertifikasi dapat dilakukan dari mana saja.

Bicara soal bagaimana pembelajaran dalam konteks virtual, PPM Manajemen juga sudah memiliki Virtual Experiential Learning yang masih terus berkembang desain pembelajarannya. Pengalaman training yang diberikan PPM Manajemen tetap terjaga dalam Virtual Experiential Learning karena menggunakan metode yang interaktif dan tetap memberikan dampak pembelajaran serta ditunjang dengan penggunaan teknologi berupa aplikasi sebagai pendukung pembelajaran yang terbaru.

Saat ini kualitas layanan yang terjamin dan terpercaya dari PPM Manajemen sebagai lembaga manajemen pertama di Indonesia menyediakan solusi jasa layanan terintegrasinya melalui Program Pengembangan Eksekutif, Asesmen SDM, Sekolah Tinggi Manajemen, Riset dan Konsultansi, Pembelajaran Inggriya (In-House Learning), Publikasi & Seminar, Program Pelatihan Sertifikasi, dan Solusi Teknologi Pembelajaran.

Menyoal kontribusi bagi bangsa, sejak diberlakukan WFH, PPM Manajemen membuat forum diskusi online gratis yang dikenal dengan nama Pojok Pintar Manajemen. ”Pojok Pintar Manajemen adalah salah satu bentuk kontribusi nyata dalam memfasilitasi individu dan perusahaan, agar tetap berkarya di tengah keterbatasan interaksi sebagai dampak dari pandemi Covid-19.” ujar Mira Nur Mutia selaku Manajer Komunikasi Korporat PPM Manajemen yang turut mendampingi Direksi dalam acara ini.

Dari Pojok Pintar Manajemen ini akhirnya terbentuklah sebuah komunitas yang disebut PPM Community dengan tujuan sebagai "A place to learn, to ask, to discuss about management”. Ragam komunitas dihadirkan sesuai dengan bidang peminatan dari “alumni” peserta Pojok Pintar Manajemen. Ada 5 bidang peminatan, HCM: Human Capital Management, LTD: Leadership and Talent Development, GRC: Governance, Risk and Compliance Community, OPEX: Operations Excellence Community, dan INV: Innovation Community.

Lembaga manajemen pertama Indonesia ini termasuk yang tak kaget dengan situasi pandemi yang salah satu imbasnya adalah pembatasan aktivitas sosial berskala besar. Mari #pantangberhentiberkarya Ayo! #bangkitraihbersama PPM Manajemen.




Leave a comment

You must be logged in to post a comment.