Corporate University dalam Transformasi Organisasi di Era Digital

EDI PREMONO

Kebutuhan transformasi digital dalam organisasi bisnis harus ditunjang dengan talenta yang memiliki kapabilitas. Semua perubahan ini menuntut talenta dengan kompetensi baru dan peningkatan kompetensi yang sudah ada. Oleh karena itu, beberapa perusahaan membentuk Corporate University sebagai pusat pembelajaran dalam menyiapkan talenta.


Corporate University memainkan peran penting dalam terlaksananya transformasi organisasi dan digital. Untuk dapat mendukung proses transformasi digital tersebut, Corporate University dituntut untuk berperan dengan tepat.

PPM Manajemen menggelar seminar Business Inspiring Forum : “Corporate University dalam Transformasi Digital Organisasi” diadakan di Gedung B PPM Manajemen, Tugu Tani, Jakarta Pusat, yang dihadiri kurang lebih 80 peserta dari berbagai perusahaan (26/02/2020).

Acara dibuka oleh sambutan Dr. Pepey Riawati Kurnia, M.M., CPM, CAC selaku Direktur Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen. Selanjutnya pemaparan mengenai “Peran Corporate University Dalam Menyukseskan Transformasi Digital Perusahaan PPM Manajemen” oleh Zusty Dewayani, Kepala Divisi Pembelajaran Inggriya PPM Manajemen yang sekaligus menjadi Host dalam acara Seminar Business Inspiring Forum kali ini.


Business Inspiring Forum kali ini, mendatangi narasumber-narasumber hebat dari berbagai perusahaan yang sudah menerapkan Corporate University. Sebagai narasumber yaitu, Bambang Budiono, Senior General Manager Telkom Corporate University membawakan tema: “Peran Telkom Corporate University dalam Transformasi Telkom menuju Perusahaan Digital.” Selanjutnya ada Teddy Gunawan, Executive Vice President BCA Learning Institute PT. Bank Central Asia, Tbk dengan tema “Peran Learning Center dalam mendukung BCA Menuju Digital Bank.” Narasumber ketiga, Badrul Musthafa, General Manager PLN Corporate University PT. PLN (Persero) membawakan tema “Pengalaman PLN Corporate University dalam Mendukung Transformasi Perusahaan.”
















“Peran Corporate University (Corpu) sangat penting sekali, karena dengan adanya corpu perusahaan itu menjadi punya wadah untuk bisa menjelaskan kepada seluruh karyawan apa yang menjadi harapan dari perusahaan, sehingga proses transformasinya berjalan dengan lebih lancar”, ujar Zusty Dewayani.