Training of Trainers di Lingkungan Kemendesa untuk Kemajuan BUMDes

FLORA FEBRIANINDYA
Odoo image and text block


PPM Manajemen (25-26/01/018), menggelar pelatihan Training of Trainers (TOT) kepada para karyawan Kementerian Desa PDTT.

 

Bukan sekedar pelatihan biasa, namun pembekalan TOT ini punya misi khusus, yaitu menyiapkan peserta menjadi fasilitator yang efektif dalam memberikan pelatihan secara mandiri kepada industri dan usaha di daerah tertinggal di Indonesia.

Kegiatan TOT ini adalah rangkaian dari lokakarya “Peningkatan Kapabilitas Pengelola BUMDes di Daerah Tertinggal”. Sebelumnya, para peserta berlatih membuat model bisnis inovatif untuk mengidentifikasi peluang, hambatan, dan kesempatan yang dimiliki BUMDes. Harapannya, peserta dapat mengetahui apa yang menjadi kekuatan selama ini. Selain itu juga mengidentifikasi hambatan yang dihadapi serta mencari jalan keluarnya.

Pada tahapan lokakarya selanjutnya, peserta dibekali dengan kemampuan mengajar dan menyampaikan materi. Harapannya ilmu tentang model inovatif yang telah dipelajari sebelumnya dapat disebarkan ke berbagai BUMDes di Indonesia. Untuk melengkapi ilmu yang dimiliki, diperlukan juga kemampuan untuk menyampaikan ilmu tersebut dengan menarik dan tepat sasaran.

Pada hari pertama pelatihan TOT, peserta diperkenalkan kepada prinsip-prinsip dalam melaksanakan kegiatan pelatihan. Diajarkan tentang manfaat dan cara merumuskan sasaran pelatihan, proses belajar mengajar, strategi menentukan metode pelatihan, juga cara mengajar yang efektif.

Teori mengajar yang didapatkan di hari pertama kemudian dipraktekkan di hari kedua. Peserta diminta untuk membuat sebuah pemaparan, dan kemudian menyampaikannya di depan kelas. Peserta akan dilihat mengenai caranya bertutur, materi ajar yang disampaikan, juga interaksi dengan audiensnya. Selanjutnya peserta tersebut akan diberi penilaian. Tak hanya oleh fasilitator, namun juga peserta lainnya turut memberi pendapat dan saran mengenai penampilan rekannya.

Semoga segera ada hasil nyata dari pelatihan model bisnis inovatif dan TOT yang telah diselenggarakan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan BUMDes di Indonesia! (FLO)

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.