The Best Outstanding Corporate Innovator (OCI) & Indonesia Most Creative Companies 2018

Becoming The Winner in Disruption Era Through Sustainable Innovation

EDI PREMONO

Rabu malam, 2 Mei, bertempat di Ceria Room, Hotel Shangrila, kembali untuk keempat Majalah SWA dan PPM Manajemen menyelenggarakan acara The Best Outstanding Corporate Innovator (OCI) & Indonesia Most Creative Companies 2018, apresiasi bagi perusahaan kreatif dan inovatif di tanah air.

Tema perusahaan kreatif atau inovatif selalu menarik untuk dibahas karena pada dasarnya semua perusahaan  ingin menjadi perusahaan kreatif/inovatif. Manajemen perusahaan yakin dengan kreatifitas dan inovasi prospek bisnis bakal lebih cerah. Kreatifitas bisa menjadi penyebab munculnya kue pasar baru, kreatifitas bisa menjadikan bisnis yang sebelumnya stagnan menjadi mengalir kembali. Berbagai hambatan bisnis bisa dipecahkan dengan kreatifitas/inovasi dalam menghadapi masalah.

Untuk itu SWA bekerjasama dengan PPM Manajemen menyelenggarakan riset tentang perusahaan yang terbaik dalam hal inovasi/kreatifitas yang dilakukan. Proses seleksi telah dilakukan dan sudah selesai. Pemenangnya sudah diketahui dan ketujuh perusahaan nanti yang akan disebutkan dan akan menerima penghargaan dari PPM Manajemen maupun majalah SWA. Proses seleksi ini dilakukan dalam rangka menjaring perusahaan paling inovatif atau yang dalam survei ini dinamai The Best OCI (Outstanding Corporate Innovator), dimana penyelenggaraan ataupun tahun ini merupakan yang keempat kalinya.

Majalah SWA juga melakukan seleksi perusahaan kreatif lainnya di luar peserta. Sekitar 25 perusahaan yang dipilih sebagai yang terbaik. Kriteria pemilihan Creative Companies 2018 tersebut ialah: Idenya disruptive, implementasi ide itu menggoyang industri/pasar (atau setidaknya menginspirasi pemain lain untuk menjalankan hal serupa). Hasilnya bisa mendongkrak kinerja perusahaan/bisnis. Ide bisnis orisinal atau hasil adaptasi yang dikembangkan dan produknya berada di pasaran (1-5 tahun).

Sebelum acara penghargaan, tema OCI kali ini adalah Becoming The Winner in Disruption Era Through Sustainable Innovation. Dan, sebagai berbagi pengalaman mengenai inovasi diwakili PT Ferron Par Pharmaceuticals yang dibawakan oleh Bapak Kristijanto Pandji, Direktur Utama. Anak usaha Dexa Group ini adalah pemenang OCI dan perusahaan yang telah berhasil menembus pasar Inggris melalui obat diabetesnya.

Selamat kepada pemenang dan terima kasih kepada para partsipan acara yakni: PT Ferron Par Pharmaceuticals, Soho Global Health, PT Terminal Teluk Lamong, PT Anabatic Technologies, Erha Clinic, PT Tempo Scan Pasific Tbk, PT Industri Jamu & Farmasi Sido Muncul Tbk. (Rian S)


*Tayang di Majalah SWA No.10, XXXIV, 14-24 Mei 2018 p.64-65