Seminar Menyoal Millennial

FLORA FEBRIANINDYA
Odoo image and text block




PPM Manajemen dan Politeknik Internasional Bali Gelar Seminar Bertema Millennial

 

 

Sabtu (27/01) lalu, seminar berjudul Attracting and Managing Millennials in The Competitive Hospitality Industry telah sukses diselenggarakan. Acara ini merupakan kerjasama PPM Manajemen dengan Politeknik Internasional Bali (PIB). Kolaborasi dua lembaga ini berhasil memadukan riset millennial Indonesia oleh PPM Manajemen dan kaitannya dengan industri hospitality di Bali. Acaranya menarik dan wawasan peserta semakin terbuka!

Tak ada habisnya membicarakan generasi millennial. Anak-anak muda membanjiri beragam industri kerja, termasuk industri hospitality di Bali. Banyaknya hotel, resort, restoran, dan fasilitas penunjang pariwisata di Bali membuat para pimpinannya harus paham betul bagaimana menjaring dan mengelola karyawan millennial. Usia muda, semangat tinggi, sikap kritis dan luasnya referensi pengetahuan membuat generasi ini perlu diberikan pendekatan berbeda.

Dilaksanakan di kampus PIB di Tabanan, Bali, seminar ini bertujuan untuk menjawab tantangan tersebut dalam mengelola generasi millennial. Seminar ini diisi oleh para pembicara yang kompeten di bidang pendidikan dan juga pariwisata. Acara dimulai dengan sambutan dari Dr. Ir. Frans Bambang Siswanto, MM, Direktur Politeknik Internasional Bali dan Ir. Reni Lestari Razaki, MM. selaku Direktur Jasa Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen.

Selanjutnya, disampaikan pengarahan mengenai pentingnya pengembangan pendidikan vokasional bagi generasi millennial untuk menunjang industri pariwisata yang disampaikan oleh Dr. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. – Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Ristekdikti. Patdono memaparkan tentang persaingan industri pariwisata, juga disrupsi teknologi pada pendidikan tinggi. Beberapa solusi yang dapat ditempuh yaitu melakukan reorientasi strategi, juga mengembangkan blended learning atau online learning.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan praktisi, dengan mengundang Jason Lim, Chief Operating Officer Smailing DMC serta Markhani, GM HC & GA Santika Indonesia Hotels & Resorts yang membahas tentang ‘Menjaring Karyawan Milenial dalam Industri Hospitality’. “Karakteristik yang khas dari millennial adalah fleksibel, memiliki pola pikir yang berbeda, dan ini harus dilihat secara positif”, ujar Jason. Sementara itu, Markhani menuturkan jika millennial lebih suka dihadapkan dengan experience. “Di perhotelan misalnya, millennial tidak terlalu perduli dengan brand, ketika mereka cari hotel, yang dilihat adalah review dan harganya,” jelas Markhani.

Peserta juga mendapatkan workshop mengenai bagaimana mengelola karyawan millennial di bidang hospitality yang disampaikan oleh Ir. Djatipurwanti Setyorini, MM. – Core Consultant PPM Manajemen. Wanita yang akrab disapa Rini ini memaparkan secara komprehensif seluk beluk karyawan millennial berdasarkan riset. Salah satu temuan yang penting untuk diketahui adalah mengenai alasan tertinggi mengapa karyawan muda tetap bertahan ataupun pindah pekerjaan, yaitu keseimbangan hidup dan kerja, atau work-life balance. Acara ditutup dengan diskusi dan pemaparan kesimpulan. (FLO)


Leave a comment

You must be logged in to post a comment.