Rudiantara: Make a Bold Decision!

SUKSES TRANSFORMASI ORGANISASI

FLORA FEBRIANINDYA
Odoo image and text block


“Mulailah dari mengubah mindset kita. Kita mau berubah atau tidak? Bukan langsung berubah dari sisi teknologi saja, teknologi hanya sebagai enabler, sebagai penggerak. Teknologi sebagai pemacu perubahan. Namun bukan digitalnya yang utama, pola pikir itulah yang menggerakkan. Jadi, perubahan adalah bagaimana mengubah pola pikir”, jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (21/11).

Rudiantara hadir sebagai pembicara kunci pada acara seminar SUKSES TRANSFORMASI ORGANISASI yang dihelat PPM Manajemen 21 dan 22 November 2017 di Hotel Borobudur-Jakarta. Pada acara yang dihadiri oleh puluhan pimpinan perusahaan di Indonesia ini, Rudiantara menekankan jika transformasi mutlak dilakukan untuk tetap bertahan.

Kita mau berubah, atau kita yang akan diubah. Perubahan adalah hal yang pasti terjadi, terlebih dalam menghadapi kondisi eksternal organisasi yang terus berubah tanpa bisa ditunda. Semuanya bergerak maju ke depan, dan mau tak mau organisasi juga harus berjalan mengimbangi. Meskipun begitu, seringkali organisasi kesulitan memutuskan harus memulai perubahan darimana.


Odoo image and text block
Selain mengubah pola pikir, tips lainnya untuk bertransformasi adalah dengan membuat keputusan yang benar-benar bisa terasa manfaatnya, juga mau keluar dari zona nyaman. “Make a bold decision! Kita saat ini sudah dalam tahap turbulensi. Jadi jangan lagi terpaku dengan cara A-B-C-D, namun boleh C-D-A-B atau sebaliknya, yang penting orientasi pada hasilnya,” sambung Pak Menteri yang juga alumni Sekolah Tinggi Manajemen PPM ini.

Rudiantara juga memberikan gambaran bagaimana pemerintah Indonesia bertransformasi. Menurutnya, pemerintah sekarang berani mengambil langkah yang dianggap kurang populer dengan memangkas subsidi dan menata ulang APBN. Sebelumnya, pola belanja negara memanjakan masyarakat dengan berbagai subsidi, khususnya di sektor energi. Kini dana dialokasikan ke infrastruktur, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, dan program-program lainnya yang lebih tepat sasaran. (FLO)

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

  • Indonesia Prediksi on 06/20/2018 13:19:16

    Terimakasih untuk sharing soal buah pemikiran bapak Rudiantara http://sampoernapoker.online/