Regional Business Case Competition 2018

Pekerja Migran Indonesia Jadi Isu Dalam Kompetisi Kasus Bisnis yang Digelar PPM dan Bank Mandiri

EDI PREMONO

PPM School of Management (PPM SoM) kembali menggelar PPM Regional Business Case Competition (RBCC) pada tanggal 15 November 2018, di Mandiri University, Jakarta. RBCC kali ini merupakan tahun ke-sembilan gelaran akbar kompetisi kasus bisnis tingkat Asia. Tahun ini RBCC mengangkat kasus bisnis dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, yang  merupakan salah satu bank dengan aset terbesar di Indonesia. Terpilihnya Bank Mandiri menjadi sebuah bukti bahwa pemain besar dalam industry financial di Indonesia ini peduli pada kemajuan bangsa serta berkontribusi aktif pada perkembangan dunia pendidikan tanah air.

Odoo CMS - a big picture

Isu yang dipilih PPM SoM dan Bank Mandiri untuk diperdebatkan oleh para peserta adalah isu pekerja migran (migrant workers). Data yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menyebutkan bahwa hingga 31 Oktober 2018 pekerja migran yang ditempatkan di luar negeri sebanyak 228.918 orang atau meningkat 10% dari periode yang sama di tahun 2017. Dari jumlah tersebut 50% (114.172) merupakan pekerja migran informal, dan 50% (114.172) pekerja migran formal.

Melihat besarnya jumlah pekerja migran yang tersebar di berbagai Negara menjadi isu sosial yang selalu menjadi perhatian. Berbagai perspektif yang muncul pada hari ini, terutama yang datang dari negara lain di Asia dalam memandang isu ini memberi wawasan baru dalam pelaksanaan kompetisi ini.

Ningky Sasanti Munir, Ketua PPM School of Management mengatakan bahwa isu pekerja migran jarang diangkat dalam diskusi-diskusi khususnya pada tingkatan mahasiswa. Padahal mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, diharapkan bisa memberikan sumbangsih untuk mencari solusi dalam mengatasi isu buruh migran. “Tentunya melalui kompetisi ini tidak hanya akan memberikan perspektif baru akan isu pekerja migran, namun juga bisa memberikan masukan bagi Bank Mandiri untuk dapat menyediakan solusi permasalahan bagi pekerja migran dari sisi finansial” ujar Ningky.

Hal senada juga disampaikan oleh Muhamad Gumilang, Senior Vice President PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk, bahwa kompetisi yang digagas oleh PPM SoM ini akan memberikan wawasan baru bagi Bank Mandiri terkait isu pekerja migran. “Secara khusus Bank Mandiri memang memiliki program Mandiri Sahabatku, program yang menjadi kasus untuk kompetisi ini, sebuah program yang secara khusus didedikasikan untuk pemberdayaan tenaga migran. Program tersebut memang menjadi kontribusi yang secara khusus Bank Mandiri sediakan untuk membantu penyelesaian masalah tenaga kerja migran” kata Gumilang.

Tahun ini peserta yang mendaftar sebanyak total 58 tim, yang berasal dari 10 universitas di Asia. Setelah dilakukan seleksi terpilih 9 tim dan berhak ‘berdebat’ mempertahankan solusinya untuk memecahkan kasus bisnis tahun ini pada hari Rabu 15 November 2018 di Mandiri University Jakarta. Satu hari sebelum masuk babak debat (14/11) peserta diajak berkunjung ke Bank Mandiri untuk berdiskusi dengan jajaran pimpinan Bank Mandiri tentang isu pekerja migran.

Odoo CMS - a big picture

Dari putaran final yang berlangsung, keluar sebagai juara:

Juara 1 Tim Lutian Aptula dari University of The Philippines Baguio

Juara 2 PPM School of Management

Juara 3 Tim Venom, Universiti Teknologi MARA

Juara 4 Tim Three Musketeers, Universitas Prasetiya Mulya

Para finalis dinilai oleh juri yang terdiri dari: Bramantyo Djohanputro, Ph.D sebagai ketua dewan juri, Diah Natalin, M.B.A, Luqi Bawafi, M.A, Prof. Chung Jai-Hak, Dr. Koh Hsieng Yang Eric, dan Dias Satria, Ph.D.

RBCC diadakan oleh PPM SoM yang kasusnya  dibuat oleh Research Center and Case Clearing House (RC-CCH), sebuah divisi strategis PPM SoM yang kesehariannya membawahi tugas riset, dan menggiatkan penulisan kasus bisnis tidak hanya untuk kalangan internal PPM SoM, pun untuk kalangan pendidikan dilingkup nasional dan regional.

PPM SoM melalui RC-CCH telah banyak menghasilkan kasus bisnis yang bercita rasa lokal, namun tetap mengacu pada perubahan yang terjadi di dunia bisnis global. Kasus bisnis tersebut selanjutnya dimanfaatkan sebagai bahan ajar, baik dalam ranah pendidikan formal, maupun dalam beragam pelatihan manajemen yang tidak hanya dimanfaatkan oleh PPM SoM namun oleh entitas pendidikan manajemen lainnya, baik nasional maupun internasional.

Odoo CMS - a big picture