POROS PASAR

RAMELAN
Odoo image and text block

Kita sudah sangat sering mendengar ungkapan ”Bukan perusahaan yang kuat yang dapat terus bertahan hidup, tetapi perusahaan yang paling mampu beradaptasi dengan lingkungan.”

Ungkapan ini ditengarai bersumber dari ujaran Charles Darwin, “Mahluk hidup yang dapat bertahan hidup bukanlah mahluk yang paling kuat, tetapi yang mampu beradaptasi.”  Memang benar kesimpulan Charles Darwin, bahwa transformasi fisik dan perilaku pada makhluk sebagai metode bertahan hidup, berlaku pula bagi organisasi dan perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang dapat mentransformasi struktur dan budayanya, mampu bertahan ratusan tahun.


Adalah Robert Keith, Wakil Presiden Pillsbury, yang pada tahun 1960 membuat kontroversi dengan menerbitkan artikel berjudul "Marketing Revolution." Artikel yang dipublikasikan dalam Journal of Marketing  edisi April 1960 itu mengungkapkan rahasia pertumbuhan Pillsbury, sebuah merek produk makanan produksi General Mills dan J.M. Smucker Company. Produk-produk dalam naungan merek ini tumbuh karena perusahaan bergeser dari fokus pada produksi, ke fokus konsumen, dan kemudian fokus pada pemasaran.

Majalah Manajemen edisi Februari ini hadir dengan mengusung tema orientasi pemasaran. Tema ini merupakan serial dari transformasi organisasi, di mana dalam penelitian ditemukan bahwa orientasi pasar menjadi penentu keberhasilan suatu transformasi organisasi.

Tema orientasi pemasaran hadir pada semua rubrik yang tersaji dalam edisi ini. Pada rubrik Fokus dikupas konsep mengenai orientasi pemasaran, dengan mengambil contoh praktik pada General Electric, Admedika, dan Investree. Pada rubrik studi kasus, kami sajikan proses inovasi produk baru untuk mengikuti tren pasar. Rubrik-rubrik lain semua bertema tentang pasar, kecuali rubrik riset, dengan harapan pembaca bisa memperoleh pemahaman menyeluruh mengenai konsep ini.  

Semoga bermanfaat




Ramelan

Pemimpin Redaksi

Start writing here...

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.