Meningkatkan Perekonomian Indonesia Melalui BUMDes yang Prima

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan salah satu pilar perekonomian di Indonesia. Keberadaannya membawa banyak manfaat, termasuk memberdayakan masyarakat desa untuk lebih produktif.

FLORA FEBRIANINDYA
Odoo image and text block

 


Lokakarya bertajuk “PENINGKATAN KAPABILITAS PENGELOLA BUMDES DI DAERAH TERTINGGAL” untuk meningkatkan kemampuan Bumdes di daerah.

 

PPM Manajemen bekerjasama dengan Yayasan Inovasi Pemerintahan Daerah (YIPD), menyelenggarakan lokakarya bertajuk “PENINGKATAN KAPABILITAS PENGELOLA BUMDES DI DAERAH TERTINGGAL” untuk meningkatkan kemampuan Bumdes di daerah.


Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan salah satu pilar perekonomian di Indonesia. Keberadaannya membawa banyak manfaat, termasuk memberdayakan masyarakat desa untuk lebih produktif, juga memajukan produk lokal buatan dalam negeri.


Peserta lokakarya ini berasal dari Kementerian Desa; Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; dan juga beberapa Bumdes dari daerah tertinggal di Indonesia. Lokakarya yang pertama dilaksanakan 15-16 November 2017, di Ruang F. G. Hendricks, Gedung B PPM Manajemen, Jl. Menteng Raya No. 9 Jakarta Pusat. Rencananya, terdapat 3 tahap kegiatan dengan masing-masing tema yang saling sinambung.


Tahap pertama membahas mengenai Model Bisnis Inovatif, mengupas tentang bagaimana menjalankan bisnis dengan baik.  Topik kedua menyoal ‘Memimpin Inovasi’ (Februari 2018) lalu  dilanjutkan dengan mengupas ‘Pembiayaan untuk Inovasi’ (Mei 2018). Jeda waktu 3 bulan pada setiap tahapan diisi oleh pengerjaan tugas untuk implementasi di masing-masing daerah maupun unit kerja.


Lokakarya (15/11) dibuka oleh Ir. Razali, M.Si., selaku Sesditjen PDT, juga PLT Direktur Pembangunan Usaha Ekonomi Desa Nugroho Sutedjo Nagoro. “Ketiga tahapan ini diikuti oleh peserta yang sama, sehingga diharapkan pengetahuannya akan menyeluruh dan bermanfaat sehingga ilmunya bisa diimplementasikan dengan baik”, jelas Reni Lestari Razaki, Direktur Jasa Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen pada sambutan di lokakarya.


Dalam pembukaan lokakarya ini, terdapat sesi berbagi pengalaman dari Bupati Kulon Progo, yang diwakilkan oleh Eko Wisnu Wardhana dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo. Kemajuan wilayah Kulon Progo yang pesat dan turunnya angka kemiskinan tak lepas dari peran pemimpin dan juga masyarakatnya yang bahu membahu berubah lebih baik. Penggerak Bumdes di Sumedang M. Reza Zaki juga membagi pengalamannya dalam mendirikan Rumah Imperium yang memajukan pertanian dan pendidikan di kota Sumedang. (FLO)


Leave a comment

You must be logged in to post a comment.