Kujungan Praktisi SDM ke IPC Corpu dan BCA Learning Institute

FLORA FEBRIANINDYA
Odoo image and text block

 

Seminar bertajuk “Revitalisasi Corporate University, Perubahan untuk Pertumbuhan Organisasi yang Berkelanjutan” telah sukses digelar.

Kamis, 22 Februari 2018, PPM Manajemen mengadakan kunjungan ke IPC Corporate University di Ciawi dan BCA Learning Institute di Sentul, Bogor. Kunjungan ini merupakan bagian dari seminar “Revitalisasi Corporate University” yang diselenggarakan PPM Manajemen. Metode belajar berkonsep seminar yang dipadukan dengan benchmarking ke-2 Corpu ini memberikan pemahaman yang lengkap bagi 32 peserta dari berbagai perusahaan di Indonesia.

 

Seminar bertajuk “Revitalisasi Corporate University, Perubahan untuk Pertumbuhan Organisasi yang Berkelanjutan” telah sukses digelar. Hari pertama merupakan sharing session dari para pakar, yaitu  Ekuslie Goestiandi, Chief of Astra Management Development Institute mengenai Corporate University dan Kinerja Organisasi, juga topik Managing Corporate University for Industry yang disampaikan oleh Rendra Wibowo, Head of Allianz Corporate University. Ada pula Danang Baskoro, Senior General Manager Telkom Corporate University dan Mirta Amaranti dari PPM Manajemen yang semakin mempertajam pemahaman mengenai seluk beluk Corporate University.

Odoo image and text block

 

Pada Kamis (22/02/18), peserta berkumpul lebih pagi di PPM Manajemen untuk berangkat mengunjungi IPC Corporate University yang berlokasi di Gadog, Ciawi, Bogor. Setibanya di IPC Corpu, para peserta disambut oleh Bapak Eddy Haristiani, Manajer Pembelajaran Kepelabuhanan dan Maritim IPC Corpu. Kegiatan dimulai dengan mengunjungi Ship Simulator dan Crane Simulator, kemudian berlanjut mengunjungi ruang simulasi logistik dan perpustakaan.

 

IPC Corpu menjadi tempat yang nyaman dan kondusif untuk belajar. Fasilitas gedung dan ruang kelas yang modern serta pemandangan yang hijau diharapkan mampu menumbuhkan semangat para peserta pelatihan. Ditambah lagi dengan grafis tematik dan colorful di tiap dinding ruangan yang juga bisa menjadi sarana belajar.

 

Selesai melihat IPC Corpu, para peserta seminar bertolak ke BCA Learning Institute (BLI), Sentul. Suasana yang berbeda sangat terasa, dengan ruang-ruang yang ditata secara dinamis di BLI. Kunjungan dibuka oleh pemaparan dari Bapak Gerardus Alrianto, Senior Vice President Learning & Development BCA. Di sesi ini, Bapak Alrianto memaparkan berbagai langkah pengelolaan karyawan BCA yang menggunakan cara-cara kekinian dan mengakomodir jiwa muda para millennials. Menggabungkan teknologi, fasilitas, dan sistem training yang optimal, hingga mengakomodir bakat-bakat karyawan internal melalui banyak kegiatan pemberdayaan.

Selanjutnya peserta diajak mengunjungi beberapa tempat, di antaranya ruang untuk bersantai di sela-sela pelatihan dengan meja dan kursi yang nyaman, fasilitas kebugaran, dan juga sarana bermain. Beberapa poin yang dicatat peserta antara lain referensi metode belajar yang banyak tersedia, ruang simulasi yang membantu karyawan memahami fungsi kerja, hingga pendaftaran makan siang peserta pelatihan di BLI yang menggunakan sistem tap-in untuk memudahkan pencatatan.

Odoo text and image block

 

Kunjungan ditutup dengan mengunjungi Gallery BCA, sebagai museum yang merangkum perjalanan BCA sejak pertama kali didirikan. Pengunjung yang hadir dapat merasakan betul budaya organisasi BCA, yang mengedepankan pelayanan yang prima dan bersahabat. Ini juga yang menjadi catatan para peserta seminar Corpu untuk mampu menanamkan nilai-nilai organisasi dengan cara yang menarik, sekaligus menjadi representasi positif perusahaan.

 

Di akhir kegiatan, para peserta memberikan apresiasi positif mengenai rangkaian kegiatan dalam Seminar Revitalisasi Corporate University PPM Manajemen, yang dibuktikan dengan hasil evaluasi yang baik. Semoga kegiatan ini mampu membawa dampak nyata bagi optimalisasi sistem dan manajemen pelatihan di berbagai organisasi Indonesia!