ELF: More Strategic and Effective HR Facing Industry 4.0

NIZZA KURNIASARI

JAKARTA-Bertempat di Beranda PPM, 27-28 Februari 2019, Executive Learning Forum (ELF) kali ini menghadirkan pembicara dari Grab Financial Group (GFG) dan PT Agate, perusahaan yang bergerak dalam bidang gamification. Dwi Putra dari PPM Manajemen, dan Laksmi Susanto Tobing menjelaskan kaitan antara HR sebagai partner CEO dalam memanfaatkan teknologi dalam industri 4.0, yaitu artificial intelligent (AI), big data, dan gamification.

Kartika Akbaria, People Operation Business Partner dari Grab Financial Group (GFG) Indonesia memaparkan manfaat bagaimana big data tersebut berguna bagi organisasi, bukan jumlah banyaknya data yang penting,  tetapi  apa yang organisasi lakukan dengan data yang penting tersebut. Apakah organisasi tersebut  mampu menganalisis untuk mengarah pada keputusan yang lebih baik terkait langkah bisnis strategis.

Odoo CMS - a big picture

Sedangkan Shieny Aprilia, Chief Marketing Officer dari Agate menjelaskan bagaimana gamification dapat dimanfaatkan untuk membantu perusahaan dalam berinteraksi dengan karyawan dan pelanggan dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Dwi Putra, konsultan dari PPM Manajemen menjelaskan mengenai HR Data Analytic. Selain tujuannya untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan terkait dengan manajemen HR, juga untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen HR dalam mendukung strategi perusahaan dan tujuan bisnis. Serta membangun budaya analisis data sebagai bagian dari digital budaya.

ELF di hari kedua melaksanakan workshop yang difasilitasi oleh Laksmi Susanto Tobing. Beliau menjelaskan dengan tuntas kaitan HR sebagai partner CEO dalam industri 4.0. CEO harus mengetahui tentang manajemen perubahan, manajemen millenial, digital transformasi dan HR business partner.

Odoo CMS - a big picture