Big Data Tingkatkan Akurasi Keputusan Bisnis

Pada aplikasi yang lebih kompleks, hasil pengolahan data mining juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

ARIES HERU PRASETYO
Odoo image and text block





Oleh: Aries Heru Prasetyo - Vice Dean Research and Innovation PPM School of Management

*Tulisan ini dimuat di Majalah Pajak Volume LX, 2019, hlm. 41

Seorang kolega pernah berujar, “konsumen saat ini semakin sulit dimengerti. Produk-produk yang kita pikir akan menjadi primadona, kini malah tak mudah dipasarkan. Sebaliknya produk yang tak dinomorsatukan malah menjadi penguasa pasar”.

Pemahaman dan penalaman tersebut mungkin juga menjadi pikiran sebagian dari kita. Tak jarang perusahaan mengeluarkan investasi yang sangat besar untuk mendanai promosi produk primadonanya meski hasilnya tidak terlalu menggembirakan. Bila situasi ini dibiarkan berlarut maka sudah tentu akan mengganggu stabilitas kas perusahaan.

Memahami konsumen sejatinya dapat dilakukan melalui pelbagai pendekatan. Sejak awal 2000-an, salah satu metode yang diyakini akurat adalah dengan menggunakan aplikasi big data atau juga yang lazim dikenal dengan istilah data mining. Metode ini berusaha mendulang emas dari onggokan data dalam sistem database perusahaan, khususnya yang berkaitan dengan data-data mentah konsumen seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, pengeluaran, hobi serta data khusus seperti riwayat kesehatan dan asuransi yang dimiliki, pun beragam data kartu kredit yang sering digunakan.

Database tersebut dulunya hanya tersimpan rapi dalam sistem internal perusahaan dan hanya digunakan sebatas aplikasi statistik untuk melihat tren penurunan atau peningkatan. Namun memasuki pertengahan tahun 2012, sejumlah besar perhatian ekonom dunia terpusat pada database tersebut.

Melalui aplikasi teknik pengolahan data, bahan mentah tersebut berhasil dikonversi menjadi “emas”, yakni tren obyektif tentang pertumbuhan pasar ke depan. Para pakar pun berujar, “Di situlah kekayaan dan ketepatan memprediksi pasar. Saat kita mampu mengaitkan karakter konsumen yang satu dengan yang lain maka hasilnya adalah generalisasi perilaku belanja dan konsumsi pasar, baik di masa kini maupun masa depan”.

Tak hanya itu, serial penelitian juga dapat ditemukan dengan mudah di jurnal-jurnal ilmiah internasional ternama. Menghubungkan antara data demografis karyawan dengan kinerja akan berguna dalam memprediksi tingkat kepuasan kerja yang berujung pada potensi sang talenta akan berpindah ke organisasi lain. Bila hal ini dapat diprediksi sejak dini, maka pihak manajemen akan mampu merumuskan strategi untuk meningkatkan loyalitas si karyawan agar tidak berpindah ke tempat lain.

Pada aplikasi yang lebih kompleks, hasil pengolahan data mining juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Sebagai contoh, di Taiwan, penerapan data mining atas database kesehatan masyarakat yang digali dari penyedia asuransi kesehatan, maupun pihak klinik dan rumah sakit mampu memetakan jenis penyakit dan gejala ke depan yang berpotensi diderita oleh masyarakat dalam wilayah tertentu.

Berbekal informasi ini, pihak pemangku kepentingan dapat menyusun strategi penanganan situasi bahaya secara terintegratif. Hasilnya pun dinilai sangat positif: virus penyakit dapat dicegah secara dini, demikian pula kesiapan rumah sakit dan klinik setempat dalam membendung penyebaran wabah yang dimaksud. Tak berhenti sampai di situ, pihak farmasi juga dapat mempunyai waktu yang cukup untuk merumuskan obat-obatan yang dinilai mampu mengurangi gejala penyakit.

Realitas di atas menunjukkan betapa penting peran data mining dalam perumusan daya saing bisnis dewasa ini. Sekarang tinggal bagaimana kejelian kita dalam mencermati setiap onggokan data dalam database perusahaan.

Melalui penanganan yang tepat, niscaya akan mendatangkan nilai positif bagi pengembangan perusahaan di masa depan. Sejumlah pemain besar dewasa ini sudah menerapkan sistem ini secara menyeluruh

Lalu bagaimana dengan Anda? Sudahkah mendulang “emas” lewat database tersebut? Selamat berefleksi, sukses senantiasa menyertai Anda!