Sertifikasi Nasional Supply Chain Management (SCM) Untuk Manager

NIZZA KURNIASARI

Standar Kompetensi kerja merupakan tuntutan yang harus dipenuhi dengan adanya globalisasi. Kondisi globalisasi tersebut menuntut perlunya pengembangan kompetensi profesi yang berstandar nasional maupun internasional.

Menilik pengertian Supply Chain Management (SCM) yang merupakan wadah besar bagi sistem jaringan sebuah perusahaan industri atau organisasi yang saling bekerjasama dalam membuat serta menyalurkan produk maupun jasa kepada konsumen akhir, maka beberapa fungsi dari konsep Supply Chain Management (SCM) tersebut, menjadi sangat penting bagi proses bisnis;

a.       Planning (Perencanaan)

Merupakan perencanaan terhadap apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan industri itu sendiri.

b.      Organize (Pengaturan)

Untuk mencapai sebuah rencana, maka perusahaan perlu mengorganisasi baik secara teknis maupun non-teknis.

c.       Staff (Sumber Daya Manusia)

Karena digerakkan oleh rencana, maka perusahaan juga perlu menyusun staf atau Sumber Daya Manusia sesuai kebutuhan.

d.      Directing (Instruksi)

Dengan adanya staf atau sumber daya manusia ini, perusahaan kemudian memunculkan instruksi-instruksi yang harus dipatuhi oleh staf yang pada akhirnya menjadi pewujud rencana suatu perusahaan tersebut.

e.       Controlling (Pengendalian)

Dari instruksi tersebut, maka manajemen suatu perusahaan akan mengontrol dan memastikan bahwa standar operasional dan instruksi yang diarahkan sesuai dengan rencana dan tujuan, sehingga proses produksi berjalan secara optimal.

Berdasarkan fungsi di atas, maka arti pentingnya konsep Supply Chain Management (SCM) bagi proses bisnis adalah secara fisik, mengawal proses bahan baku dan komponen agar menjadi produk dan mengirimnya hingga ke konsumen akhir dan meyakinkan bahwa pengiriman produk atau jasa memuaskan aspirasi konsumen, tanpa meributkan ketersediaan stok.

Oleh karena itu praktisi logistic dan pergudangan, rantai pasok dan pemilik usaha yang masih memerlukan peningkatan kompetensi dalam Supply Chain Management (SCM) di Indonesia maka harus memiliki kompetensi tersebut dengan mengikuti pelatihan berbasis kompetensi, mengacu pada Sistem Standarisasi International TLI50410 Diploma of Logistics, Transport & Logistics Industry Skills Council, Australian Government dan Peraturan Presiden No 26 Tahun 2012 Tentang Cetak Biru Pengembangan Sistim Logistik Nasional.

Untuk informasi dan pendaftaran :

https://ppm-manajemen.ac.id/id_ID/event/certified-supply-chain-manager-online-training-2020-05-04-2020-05-12-6074/register


Public Training

Eka         +62 813-8900-0650

Dhanis  +62 811-8438-880

Kiki         +62 813-80614306

 

Email : eka@ppm-manajemen.ac.id / sertifikasi_tr@ppm-manajemen.ac.id