Memanfaatkan Peluang Pelatihan Virtual di Tengah Pandemi

CYNTHIA SETIAWAN

Sebuah program pelatihan dan pengembangan SDM seringkali menimbulkan biaya yang cukup signifikan bagi perusahaan. Terlebih jika karyawan harus diterbangkan untuk menghadiri pelatihan tersebut. Untuk mengurangi biaya ini, banyak perusahaan yang akhirnya lebih memilih untuk mengikuti pelatihan secara virtual.

Disisi lain, kondisi pandemi COVID-19 seakan-akan menjadi sebuah momentum yang tepat bagi kita untuk beralih secara digital dalam berbagai sektor kehidupan. Demikian juga dalam industri pelatihan dan pengembangan SDM. Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan untuk terus memberikan wadah pelatihan dan pengembangan bagi karyawan.

Pelatihan secara virtual dipercaya menjadi salah satu cara untuk beradaptasi dengan situasi pandemi. Hal ini juga membuka kesempatan bagi peserta untuk mengikuti program pelatihan ditengah-tengah kesibukan bekerja, tanpa terhalang oleh lokasi dan tetap menjaga protocol Kesehatan.

Tentu saja peluang ini sangat besar untuk dimanfaatkan. Namun peluang ini juga menjadi tantangan bagi kita. Bagaimana merubah desain pembelajaran secara virtual agar sesuai dengan kondisi yang sedang kita hadapi? Apakah desain pembelajaran virtual dapat langsung digunakan untuk menyampaikan materi seperti tatap muka? Desain pembelajaran virtual yang seperti apa yang perlu disiapkan oleh organisasi?

Ketika mempersiapkan suatu pelatihan dan pengembangan SDM secara virtual, tentunya diperlukan strategi yang berbeda dengan mempersiapkan program pelatihan tatap muka. Tentu saja kita ingin peserta pelatihan tidak hanya mendengarkan apa yang kita komunikasikan selama pelatihan virtual berlangsung. Namun program pelatihan virtual juga harus efektif, interaktif dan mampu menciptakan pengalaman baru bagi peserta. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana membuat peserta tidak cepat bosan dan tetap fokus dalam mengikuti pelatihan.

Sebelum mendesain sebuah program pelatihan virtual yang tepat, tentu saja diperlukan beberapa pengetahuan mendasar seperti: bagaimana pola perilaku individu selama melakukan pelatihan virtual? Berapa lama durasi yang efektif untuk sebuah pelatihan virtual? Serta keahlian dalam mendesain sebuah program pelatihan sehingga tepat sasaran.

PPM Manajemen mencoba menjawab kebutuhan dan tantangan ini melalui workshop – “Design Virtual Learning Program” yang merupakan rangkaian acara New Human Capital National Conference (HCNC) 2020. Melalui workshop ini, peserta akan diberikan pemahaman bagaimana membuat pembelajaran virtual yang Insightful & Enjoyable untuk dilakukan di era digital saat ini.