BIF - Human Resources Business Partner

NIZZA KURNIASARI

Human Resources as Business Partner adalah menjelaskan peran Human Resources (HR) sebagai Business Partner, bagaimana mengaitkan berbagai HR effort secara langsung dengan business strategy dan berbagai cakupan yang berkaitan dengan strategi itu sendiri.

Human Resources Business Partner (HRBP) adalah mindset. Yang dimaksud dengan mindset disini adalah HR strategi berakar pada strategi bisnis, HR adalah bagian dari organisasi yg siap mengantisipasi perubahan dan memahami apa yang harus dilakukan untuk merespons perubahan. Praktisi HR harus mengambil peran sebagai outspoken advocate bagi kepentingan-kepentingan karyawan sehingga meminimalkan konflik ketika keputusan bisnis dilakukan. Alhasil efektifitas peran HR bergantung kepada perhatian kepada people issues yang luas dan HR sebagai continuous learning adalah esensial utk mampu berkontribusi dengan optimal.

HR challenges. Tantangan utk berperan sbg HRBP adalah dengan menjawab pertanyaan seberapa efektif ekspektasi top management di atas sudah dijalankan. Seberapa efektif talent management, Seberapa cepat melakukan perubahan, seberapa intensif melakukan kolaborasi, inovasi dan sebagainya.

Tantangan-rantangan ini sangat jelas menuntut praktisi HR utk keluar dari pekerjaan-pekerjaan administrasi. HR harus hadir di semua unit organisasi untuk dapat memahami apa yang sedang dan akan terjadi sehingga tidak sulit untuk turut berkontribusi. Karena terlalu sibuk dengan administrasi dan urusan internal HR, seringkali kita gagap ketika harus diskusi persoalan-persoalan penjualan, marketing, produksi dan bisnis secara keseluruhan.

Mari kita pelajari lebih lengkapnya pada Business Inspiring Forum : Human Resources Business Partner26-27 Maret 2020 di PPM Manajemen, dan dapatkan harga khusus dengan menghubungi Tajudin/Kinasih di nomor WA: 089637344646 atau email ke seminar@ppm-manajemen.ac.id

Odoo CMS - a big picture