People Analytic

NIZZA KURNIASARI

Anda penasaran apa yang dimaksud dengan people anaytics ?

People analytics adalah pendekatan berbasis data (data driven) dalam pengelolaan sumber daya manusia. Data dalam hal ini bukan hanya sekedar pengumpulan dan memiliki data, akan tetapi pertanyaan untuk apa dan digunakan seperti apa data itu. Yang terpenting adalah apakah data tersebut dapat dijadikan acuan untuk pengambilan keputusan yang tepat, artinya HR harus mampu melakukan riset berbasis data sebelum mengambil tindakan sehingga keputusan yang diambil dapat dinilai obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan (accountable).

Tujuannya adalah peningkatan atau perbaikan kinerja baik pada tingkat individu atau organisasi HR itu sendiri, diharapkan dengan menampilkan informasi yang lebih akurat, maka HR akan lebih dapat proaktif dan melakukan prediktif ke depan, lebih cepat dalam menangani masalah, lebih produktif dan efisien dalam penggunaan sumber daya.

Kita harus berani mengklaim bahwa people analytics adalah domainnya pengelolaan sumber daya manusia; data bisa jadi milik teknolgi informasi atau bidang keuangan namun analisisnya harus dari departemen sumber daya manusia (SDM), bahkan jika SDM tidak bisa melakukan analitik, suatu saat di mana peran HR akan diakuisisi oleh Chief Information Officer atau Chief Finance Officer.

Mempersiapkan orang-orang HR yang bisa hands-on dalam penggunaan teknologi terkini seperti big data, machine learning, predictive analytics, gamification, dan mobile technology.

Bagaimana caranya???

Ikuti pembahasan lebih lengkapnya pada Executive Learning Forum : “ PEOPLE ANALYTICS “

22-23 Mei 2019 di PPM Manajemen. Dapatkan harga khusus dengan menghubungi Tajudin di nomor WA: 089637344646 atau email ke seminar@ppm-manajemen.ac.id website : https://ppm-manajemen.ac.id/r/ZLs