Penguatan Bisnis Melalui Transformasi Digital

NIZZA KURNIASARI

Transformasi digital bukan hanya tentang perubahan dan inovasi, tapi juga tentang bagaimana teknologi ini diadopsi dan digunakan.  Apakah inovasi ini membawa manfaat bagi perusahaan? Apakah mudah diadopsi atau apakah organisasi kesulitan mengintegrasikan teknologi baru?  David L . Rogers dalam bukunya berjudul “The Digital Transformation Playbook” menyatakan bahwa landskap bisnis saat ini perlu mempertimbangkan faktor : customer, competition, data, innovation dan value (CC-DIV) saat mengatur kembali strateginya.

Dalam era transformasi digital, sebuah perusahaan bukan hanya perlu mengembangkan perangkat atau sistemnya untuk menjalani tranformasi digital, tapi juga sumber daya manusianya. Beberapa pilihan langkah yang bisa diambil perusahaan meliputi rekrutmen talenta dari luar atau melatih karyawan yang ada untuk membangun kapabilitas digital secara internal. Selain itu mereka juga perlu mempertimbangkan untuk menambah fungsi baru dalam organisasi perusahaan seperti ahli analisa data.

Perubahan seringkali memang berat, tapi kesiapan industri dalam menghadapi persaingan digital di tingkat global perlu menjadi prioritas dalam menentukan langkah bisnis industri lima tahun ke depan. Namun, sebagaimana bisnis pada umumnya, kejelian melihat peluang sangatlah penting dan melihat bagian mana dari ekosistem teknologi sebuah perusahaan yang perlu menjalani transformasi digital adalah langkah pertama menuju revolusi bisnis agar bisa bertahan di era digital, sekaligus batu loncatan untuk menyambut transformasi digital  4.0.

Apakah itu arsitektur teknologi informasi (TI) dari perusahaan, perangkat antar-muka atau penghubung dari operasional bisnisnya atau pengembangan inovasi digitalnya.

Mari kita kupas tuntas bersama bersama Bapak M. Kuncoro Wibowo – Direktur utama BGR Logistics dalam Business Inspiring Forum: “Penguatan Bisnis Melalui Transformasi Digital“. Rabu, 10 Juli 2019 di PPM Manajemen. Dapatkan harga khusus dengan menghubungi Tajudin di nomor WA: 089637344646 atau email ke  seminar@ppm-manajemen.ac.id website : ppm-manajemen.ac.id/r/evf

Odoo CMS - a big picture