Inovasi, Bukan Sekedar Konsep

FLORA FEBRIANINDYA


Era kompetitif harus dilawan dengan pola pikir yang inovatif. Tengoklah FIN Komodo, sebuah perusahaan pembuat mobil offroad non konvensional yang berhasil menciptakan produk multifungsi sesuai dengan kondisi alam Indonesia. FIN Komodo menciptakan kendaraan jenis cruiser yang tangguh dipakai di berbagai medan, mulai dari tikungan, kemiringan terjal, berbatu, juga licin dan berlumpur. Atas produknya yang inovatif, FIN Komodo menerima BJ Habibie Award di bidang Teknologi Terapan.

Odoo CMS - a big picture

Meski identik dengan kendaraan penjelajah, FIN Komodo mampu memasuki pasar yang lebih luas dengan pemanfaatan produk yang beragam. Tak hanya dipakai untuk offroad, namun moda transportasi buatan FIN Komodo mampu membawa beban hingga 250kg, cocok untuk kawasan kebun, tambang, digunakan oleh petugas keamanan, militer, bencana, hingga rekreasi. Konsumsi bahan bakarnya juga irit, dapat digunakan di dalam hutan selama 4 hari untuk perjalanan di siang hari.

 

Tak hanya dalam dunia otomotif, berbagai industri dan korporasi juga harus menjadikan inovasi sebagai tujuan dan pola pikir. Namun, menemukan ide inovatif dan menjaganya hingga ke tahap realisasi bukanlah hal sederhana. Ada banyak hal yang perlu menjadi fokus perhatian dan suksesnya inovasi didukung oleh banyak aspek. Semangat untuk berinovasi harus diimbangi dengan beragam faktor pendukung.

 

Forbes (06/14) merangkum beberapa komponen yang sangat diperlukan untuk merealisasikan inovasi. Yang pertama adalah expertise. Kepiawaian ini bisa didapat dari pendidikan, pengalaman kerja, juga pengembangan dalam karir profesional yang telah dilakukan. Yang kedua adalah berfikir kreatif dan jauh ke depan, potensi masalah dan tantangan yang bisa saja dihadapi serta solusi dari masing-masing hal tersebut.

 

Poin selanjutnya adalah tangguh dan mau bekerja keras. Ini menjadi hal yang sangat krusial karena banyaknya tantangan dan hambatan yang bisa saja menurunkan semangat. Yang keempat adalah motivasi dalam berinovasi. Rupanya, kreativitas sangat dipengaruhi oleh minat, kesenangan dan kepuasan dalam aktivitas yang dijalani. Faktor inilah yang dapat memicu kreativitas, dibanding motivasi dan tekanan dari pihak lain.

 

Dalam merancang dan mensukseskan inovasi, organisasi membutuhkan roadmap yang tepat. Perlu wawasan mendalam yang juga diimbangi dengan inspirasi sukses dari organisasi lain yang telah lebih dulu unggul berinovasi. PPM Manajemen akan menyelenggarakan sebuah Executive Learning Forum berjudul ‘Menerapkan Sistem Inovasi Berkelanjutan’ pada tanggal 31 Oktober – 1 November 2018 di PPM Manajemen Jakarta. Akan ada sharing praktisi mengenai inovasi di era disrupsi, workshop mengenai model inovasi yang efektif, juga akan ada diskusi panel oleh perusahaan-perusahaan inovatif tanah air. Pastikan perwakilan perusahaan Anda telah terdaftar dalam seminar ini!

Odoo CMS - a big picture