Big Data untuk Membangun Organisasi Berorientasi Pasar

FLORA FEBRIANINDYA

Kehadiran Big Data selalu dikaitkan dengan big disruption. Disadari atau tidak, pengaruh Big Data sudah masuk hingga hal-hal bersifat pribadi, misalnya penggunaan media sosial. Saat kita melihat-lihat sebuah produk di internet, katakanlah produk furniture, produk yang sama juga akan muncul saat kita membuka Facebook. Ini bukanlah suatu kebetulan. Seluruh informasi yang diciptakan individu, perusahaan, dan organisasi di dunia terangkum dalam Big Data.

 

Big Data punya peran besar dalam optimalisasi produk dan pasar. Penggunaan internet yang begitu massive membuat organisasi tak bisa lagi hanya mengandalkan langkah-langkah pemasaran yang lama dan tradisional untuk tetap bertahan. Diperlukan metode terkini untuk menyeimbangkan kondisi pasar, yaitu Big Data. Organisasi perlu melihat Big Data sebagai suatu keharusan, karena Big Data mampu mengolah dan merangkum data dari sumber manapun, yang tentunya dibutuhkan untuk kelangsungan setiap organisasi.

 

Dari banyaknya manfaat Big Data, beberapa di antaranya seperti membantu memetakan kondisi dan potensi pasar secara lebih akurat, juga membantu perusahaan menentukan akar penyebab kegagalan untuk setiap masalah bisnis. Selain itu juga menghasilkan informasi mengenai titik penting penjualan berdasarkan kebiasaan pelanggan dalam membeli, dan perusahaan juga akan lebih mudah dalam menghitung kembali seluruh risiko yang ada dalam waktu lebih singkat.

 

Tertarik untuk mengupas lebih dalam mengenai Big Data dan kaitannya dengan orientasi pasar? PPM Manajemen mengajak para perwakilan organisasi di Indonesia untuk bersama-sama menggali topik ini bersama para pakar dan praktisi Indonesia. Melalui Executive Learning Forum: Memanfaatkan Big Data untuk Membangun Perusahaan Berorientasi Pasar, akan hadir pimpinan E-commerce terkemuka, pimpinan Bank Indonesia, juga praktisi pengolah Big Data asli Indonesia. Pemahaman peserta juga akan dilengkapi dengan sesi Workshop mengenai Big Data dan orientasi pasar.

 

Pastikan perusahaan Anda sudah terdaftar!

Odoo image and text block

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.