Agar Perubahan Budaya Organisasi Sukses Dijalankan Karyawan

FLORA FEBRIANINDYA
Odoo image and text block

Salah satu hal menantang bagi perubahan budaya dalam organisasi adalah sulitnya mengimplementasikan budaya pada perilaku sehari-hari karyawan. Organisasi sudah berdiri lama, dan diisi oleh banyak personil lama. Perubahan dalam sisi budaya bukanlah hal yang gampang disikapi di lingkungan internal.

 

Forbes (09/2017) mengulas, jika ada beberapa kesalahan dalam internalisasi budaya. Yang pertama adalah kemampuan pimpinan dalam meyakinkan karyawannya. Perubahan harus mampu dibahasakan sebagai sesuatu yang positif. Menyampaikan secara blak-blakan jika perusahaan sedang mengalami krisis dan harus berubah malah membuat karyawan resisten dan alergi dengan perubahan.

 

Kesalahan lainnya adalah budaya yang belum diterjemahkan dengan baik. Bisa jadi perusahaan telah menjabarkan apa saja keuntungan jika budaya berubah dan apa saja yang akan berubah. Namun, cita-cita besar tersebut tidak didukung dengan panduan realistis mengenai langkah kinerja yang harus dicapai unit-unit kerja.

 

Budaya organisasi yang ideal adalah budaya yang mampu dijalankan dengan baik oleh karyawan, mendongkrak organisasi menjadi lebih berkualitas, tercermin dari sikap perilaku sendi-sendi organisasi, dan juga tanggap dengan kondisi luar. Challenge-nya adalah bagaimana menyelaraskan perubahan eksternal dengan tetap menjunjung nilai budaya yang berlaku di organisasi. Perlu panduan mengenai tips, trik dan contoh sukses untuk dipelajari dan dicontoh.

 

Budaya organisasi yang adaptif harus selaras dengan nilai-nilai organisasi (corporate value) untuk mendorong pemberdayaan karyawan dalam organisasi. Harapannya, semakin besar dorongan para karyawan untuk maju bersama organisasi. Sejalan dengan itu, pimpinan organisasi bersama para pengelola SDM dalam organisasi perlu memastikan bahwa nilai-nilai organisasi yang berlaku dan diterjemahkan dalam kinerja perilaku karyawannya, sudah selaras dengan budaya organisasi adaptif yang ada.

 

Sebagai solusi untuk akselerasi membangun budaya adaptif bagi organisasi Indonesia, PPM Manajemen akan menyelenggarakan Executive Learning Forum berjudul Praktik Mengelola SDM dalam Penerapan Budaya Organisasi Adaptif pada tanggal 18 dan 19 April 2018.

 

Pada acara ini, akan dihadirkan para praktisi perusahaan tanah air yang akan berbagi wawasan dan pengalamannya bagaimana memimpin perubahan, menyikapi kondisi eksternal dan bertransformasi, juga kiat-kiat internalisasi nilai organisasi untuk menjadi karakter dan perilaku karyawan. Selain itu, pemahaman peserta akan semakin mendalam dengan workshop “Membangun Sistem Manajemen SDM yang Selaras dengan Nilai Organisasi”. (FLO)

 

Untuk informasi pendaftaran, silahkan hubungi Tajudin/Galuh di nomor telepon 0212300313 Ext. 2419/1119, atau Whatsapp di nomor 089637344646.

 

Kami tunggu kehadiran Anda!

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.