• April  2014
    Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
       
      1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30  
  • Transformasi dan Inovasi

    Mitra-mitra PPM Manajemen yang kami banggakan,

    Krisis ekonomi tampaknya belum lagi usai, sekarang giliran benua Eropa yang sedang merasakannya. Dampaknya adalah daya beli di beberapa Negara Eropa terus menurun. Tak ayal kenyataan ini memicu terjadinya proses restrukturisasi ulang dinamika bisnis global.  Laksana bola salju yang berguling, dampaknya juga langsung dirasakan oleh sebagian negara di Asia terutama yang selama ini menjadikan Eropa sebagai pasarnya. Sebut saja Cina dan India yang banyak sekali memasok kebutuhan Eropa. Lantaran daya beli yang menurun, merekapun harus mencari alternatif pasar baru. Alhasil Indonesia pun menjadi sasaran tembak Karen selain memiliki jumlah penduduk yang besar, Indonesia juga tumbuh ekonominya. Pertumbuhan yang diperkirakan 6,5% tahun ini adalah kinerja yang sangat baik dalam situasi seperti saat ini.

    Bagi Indonesia, kenyataan ini bisa dilihat dalam dua sisi, satu sisi sebagai peluang dan sementara sisi lainnya adalah  ancaman. Peluang, karena dengan begitu perusahaan lokal dapat mitra tanding yang berat sehingga mendorong inovasi berkelanjutan.  Mestinya perusahaan Indonesia dapat selamat karena sudah terbukti telah berhasil bertahan di tengah hantaman badai krisis yang datang berganti-ganti. Sedangkan Ancaman, karena kekuatan perusahaan asing yang biasanya telah didukung oleh kekuatan modal, teknologi, human capital, dan informasi yang lebih mapan dan lebih siap.

    Adanya tawaran perusahaan asing menjadikan konsumen lokalpun akan lebih dimanjakan yang berakibat pada tuntutan yang lebih tinggi. Akiabatnya meningkatkan daya saing menjadi tidak terelakkan. Dan, ternyata proses transfromasi dan inovasi yang bisa menjawab itu. PPM Manajemen telah memantapkan tekad untuk mendampingi perusahaan dalam melaksanakan proses transformasi dan inovasi itu. Kami menyadari bahwa proses transformasi dan inovasi hanya dapat dilakukan bila ada dukungan riset yang mumpuni. Hasil riset seharusnya menjadi kompas dalam menentukan arah dan bentuk inovasi yang akan dilakukan. Untuk itu, kami telah mencanangkan tiga pusat riset pendukung proses transformasi dan inovasi, yaitu:

    • Center for Innovation and Collaboration
    • Center for Product Development,  dan
    • Center for Human Capital Development

    Peran PPM Manajemen dalam proses transformasi dan inovasi dapat dilakukan di tingkat organisasi maupun individu. Di tingkat organisasi, PPM Manajemen hadir dengan membantu entitas bisnis dalam bentuk layanan jasa konsultansi manajemen berupa perancangan sistem dan layanan riset Manajemen. Dengan dukungan konsultan terlatih dan berpengalaman, PPM Manajemen telah dipercaya oleh banyak organisasi pelaku bisnis  di Indonesia, baik dari kalangan Swasta Nasional, Multinasional. BUMN, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat dan institusi pemerintah. Sedangkan pada transformasi individu, PPM Manajemen telah mempersiapkan beragam pelatihan dan program pendidikan bergelar yang telah dirancang terutama untuk membentuk strategic change leader, pemimpin  perubahan strategic yang menjadi motor penggerak proses transformasi dan inovasi.

    Secara khusus apresiasi harus diberikan kepada BUMN  yang  telah menjadi bagian utama solusi masalah ekonomi ketika bangsa ini terpapar oleh kriris. BUMN telah tampil dengan baik menyelamatkan ekonomi bangsa dengan dukungan jasa dan produk berkualitas, investasi mendorong nilai tambah di berbagai bidang, dan program pembinaan bagi Usaha Kecil dan Menengah. Namun demikian, seperti  entitas bisnis yang lain, BUMN tidak boleh lengah karena pertarungan dan dinamika bisnis tidak pernah berhenti bahkan semakin terbuka dan semakin ketat. Itu sebabnya proses transformasi dan inovasi  juga harus terus dilakukan. Dalam hal ini, PPM Manajemen patut berbangga karena telah ikut serta menorehkan warna perubahan pada hampir semua  BUMN tersebut. Sampai saat ini, perubahan masih terus bergelora, transformasi dan berinovasi juga masih terus dilakukan, dengan begitu akan selalu ada harapan kemajuan yang menjadi harapan kita semua, yang nantinya akan menghadirkan Indonesia yang lebih baik.

    Selamat Menikmati Perjalanan Menuju Perubahan! Meskipun berat, asal dilakukan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, maka insya Allah akan berbuah manis dan indah pada waktunya.

    Andi Ilham Said, Ph.D Direktur Utama PPM Manajemen