http://ppm-manajemen.ac.id/wp-content/themes/ppmCorporate
  • November  2014
    Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
       
      1 2
    3 4 5 6 7 8 9
    10 11 12 13 14 15 16
    17 18 19 20 21 22 23
    24 25 26 27 28 29 30

  • RISET MANAJEMEN
    Secure Your Business Decision Divisi Riset PPM Manajemen merupakan penyedia riset yang reputable dan memiliki pengalaman di Indonesia. Berbeda dengan lembaga/perusahaan riset lainnya yang hanya menawarkan satu jenis bidang riset, Divisi Riset PPM Manajemen menawarkan jasa riset yang lebih luas yaitu mencakup Manajemen Stratejik, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, dan Operasi. Dengan kualitas hasil riset, metode dan desain riset yang tepat sasaran, serta cakupan wilayah yang luas, Divisi Riset PPM Manajemen membantu Anda untuk mengidentifikasi dan memahami permasalahan yang terjadi, sehingga Anda dapat mengambil keputusan manajemen yang tajam.
    Keunggulan yang dimiliki Divisi Riset PPM Manajemen, antara lain: 1. Integrated Solution
    Sebagai institusi manajemen lengkap, Divisi Riset PPM Manajemen tidak hanya memberikan fact finding yang reliable dan valid, tetapi juga melengkapi hasil riset dengan rekomendasi strategi. Sebagai institusi yang lengkap, Divisi Riset PPM Manajemen siap melalukan follow up terhadap hasil riset. Berbagai jasa lain yang melengkapi tindakan lenjut ini antara lain konsultansi manajemen, pelatihan (training), recruitment and assessment, serta penerbitan manajemen. Variasi jasa ini menjamin keterkaitan antara riset dan kesinambungan pengelolaan.
    2. Desain dan Metodologi Riset
    Riset yang dilakukan sepenuhnya dibuat agar sesuai (fit) dengan kondisi internal dan permasalahan yang dihadapi perusahaan, yaitu dengan menyusun desain dan metodologi riset yang tepat, berbasis pada landasan teori yang kuat. Penyusunan disain dan metodologi riset ini dilakukan oleh tim riset yang terdiri dari peneliti-peneliti yang berkompeten dibidangnya.
    3. Tim Peneliti yang Handal
    Divisi Riset PPM Manajemen didukung oleh 58 orang staf profesional yang ahli di bidang fungsionalnya masing-masing. Para peneliti memiliki pengetahuan konseptual yang kuat ditambah dengan pengalaman riset dan konsultansi berbagai bidang.
    4. Cakupan Wilayah
    Divisi Riset PPM Manajemen memiliki cakupan wilayah riset di 8 kota besar di Indonesia untuk menjawab kebutuhan perusahaan yang memiliki jelajah operasional yang luas. Wilayah tersebut didukung oleh tenaga peneliti lapangan yang terlatih.
    5. Fasilitas Ruang Focus Group Discussion (FGD)
    Divisi Riset PPM Manajemen memiliki ruangan FGD yang memadai. Dengan lokasi yang strategis di jantung kota Jakarta, maka akan menghasilkan terselenggaranya FGD yang sukses dan memudahkan akses dan proses operasionalnya.
    ***

    Riset Pesanan (Customized Research)
    1. Riset Manajemen Stratejik (Strategic Management Research)
    Divisi Riset PPM Manajemen merancang Riset Stratejik untuk dapat mendukung pihak manajemen di perusahaan dalam pengambilan keputusan-keputusan stratejik dan perumusan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP). Riset ini mencakup:
    • Analisis Lingkungan Bisnis (Environmental Scanning).
    • Studi Kelayakan (Feasibility Study).
    2. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Management Research)
    Riset SDM dirancang untuk membantu perusahaan sehingga lebih memahami struktur serta kinerja SDM dalam kaitannya dengan pekerjaan. Riset ini mencakup:
    • Survei Opini Karyawan (Employee Opinion Survey), untuk mengukur tingkat kepuasan (satisfaction) dan komitmen (engagement) karyawan.
    • Survei Budaya Organisasi (Organizational Culture Survey), bertujuan untuk mengidentifikasi sejauhmana penetrasi budaya di perusahaan.
    • Asesmen Organisasi (Organization Assessment), bertujuan untuk melihat efektifitas dan efisiensi organisasi.
    3. Riset Pemasaran (Marketing Research)
    Melalui penyelenggaraaan riset pemasaran, Divisi Riset PPM Manajemen membantu perusahaan untuk dapat merumuskan strategi pemasaran yang tajam dan mengoptimalkan implementasi strategi pemasaran tersebut. Riset ini mencakup:
    • Riset Produk (Product Research), bertujuan untuk mengembangkan dan uji coba produk/konsep baru.
    • Riset Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Research), bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan.
    • Riset Perilaku Konsumen (Consumer Behavior Research), bertujuan untuk mengetahui perilaku serta proses pengambilan keputusan pelanggan.
    • Riset Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication Research), bertujuan untuk mengukur efektifitas program komunikasi yang telah dilakukan.
    • Riset Distribusi (Distribution Research), bertujuan untuk mengetahui cakupan dan efektifitas distribusi.
    • Riset Harga (Price Research), bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat harga yang optimal.
    • Audit Pemasaran (Marketing Audit), bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi pemasaran.
    4. Riset Manajemen Operasi (Operation Management Research)
    Riset Operasi dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengoptimalkan proses operasi di perusahaan. Riset ini mencakup:
    • Riset Produktivitas (Productivity Analysis Research).
    • Audit Operasi (Operational Audit).
    ***

    Riset Umum Industri (Industrial Research)
    Melalui riset ini, perusahaan dapat memahami industri tertentu. Lingkup riset dapat bersifat umum atau spesifik. Riset ini mencakup:
    • Riset Potensi Pasar (Market Potential Survey)
    • Riset Perilaku Konsumen (Consumer Behavior Research)
    • Survei Kepuasan Pelanggan Industri (Industry Customer Satisfaction Survey).
    ***

    Competency Based Human Resource Management (CBHRM)

    Published Research

    Seiring dengan semakin ketatnya persaingan di dunia usaha sebagai akibat liberalisasi ekonomi di berbagai sektor industri dewasa ini, peranan sumber daya manusia sebagai faktor penentu utama mampu tidaknya perusahaan untuk bersaing secara dinamis dan menguntungkan semakin dirasakan arti pentingnya. Keunggulan mutu bersaing suatu organisasi sangat ditentukan oleh mutu SDM-nya. Penanganan SDM harus dilakukan secara menyeluruh dalam kerangka sistem pengelolaan SDM yang bersifat strategis, integrated, interrelated dan unity. Organisasi sangat membutuhkan SDM yang kompeten, memiliki kompetensi tertentu yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan pekerjaannya.

    Pembenahan atau pemberdayaan terhadap sumber daya manusia di suatu perusahaan terus dilakukan melalui program-program seperti pelatihan dan pengembangan karyawan (training and development), assessment, maupun instalasi program Human Resources Information System. Akan tetapi seringkali dirasakan belum memberikan hasil yang optimal bagi pemberdayaan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Hal ini disebabkan karena pembenahan atau pemberdayaan di bidang sumber daya manusia seringkali dilakukan tanpa dilandasi suatu strategic grand scenario. Salah satu pendekatan dalam Manajemen SDM dewasa ini adalah menggunakan Competency Based Human Resources Management (CBHRM). Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Prof Dr David McClelland di Amerika Serikat sekitar 33 tahun lalu. Competency-Based Human Resources Management (CBHRM) adalah suatu pola pendekatan di dalam membangun suatu sistem manajemen sumber daya manusia yang handal dengan memanfaatkan kompetensi sebagai titik sentralnya.

    download paper-CBHRM


    STREET SMART MARKETING
    Published Research

    Definisi Street Smart

    Գtreet-smart ՠadj. inf. having the skills and knowledge necessary for dealing with modern urban life, esp. the difficult or criminal aspects of it: a street-smart hustler on a motorcycle. ՠn. (street smarts) these skills and knowledge: take the advice of somebody who's got a little more street smarts than you.Ԡ(Sumber: The Oxford Pocket Dictionary of Current English 2008)

    Istilah street smart kerap dibandingkan dengan book smart. Terdapat perbedaan mendasar mengenai karakter kedua individu yang berlabel Street Smart (SS) dan Book Smart (BS). Orang-orang SS mendapatkan informasi dan pengetahuan langsung dari pengalaman yang dikerjakannya sehari-hari. Sebaliknya, orang-orang BS mendapat pengetahuan tentang apa yang akan dikerjakannya dari literatur buku, atau dari sekolah (school smart), dan sangat mementingkan masalah akademiknya (study oriented). (Sumber :blogfrandi.wordpress.com)

    download Paper Street Marketing

    Outsourcing
    Published Research

    Dalam era globalisasi dan tuntutan persaingan dunia usaha yang ketat saat ini, maka perusahaan dituntut untuk berusaha meningkatkan kinerja usahanya melalui pengelolaan organisasi yang efektif dan efisien. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mempekerjakan tenaga kerja seminimal mungkin untuk dapat memberi kontribusi maksimal sesuai sasaran perusahaan. Untuk itu perusahaan berupaya fokus menangani pekerjaan yang menjadi bisnis inti (core business), sedangkan pekerjaan penunjang diserahkan kepada pihak lain. Proses kegiatan ini dikenal dengan istilah ԯutsourcing.Լ/p> download PAPER OUTSOURCING final


    RISET MANAJEMEN

    Jl. Menteng Raya 9, Jakarta 10340
    Indonesia

    Telp : 021-230 3155
    Fax : 021-230 2051 dan 021-230 2040
    E-mail : research@ppm-manajemen.ac.id
    Website : www.ppm-manajemen.ac.id