PPM Manajemen menggelar Human Capital Forum Jakarta

Dunia berubah begitu cepat. Teknologi, ekonomi, demografi, globalisasi, percepatan perubahannya tidak terduga. Siapa yang bisa membendungnya? Terlalu naïf jika kita berusaha menahan arus perubahan, yang bisa kita lakukan adalah ‘bersahabat’ dengan perubahan.

Memasuki tahun 2016 ditandai dengan dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA membuka pintu bagi tenaga kerja masuk ke negara mana pun termasuk ke Indonesia.  Oleh karenanya para praktisi di bidang SDM harus berbenah dari waktu ke waktu mengikuti tuntutan yang berlaku seperti perubahan-perubahan pola dan bobot kerja yang dilakoni.

Sebut saja divisi HR yang saban hari mengurusi sumber daya utama penggerak organisasi, yaitu karyawan. Bisa dibilang sudah tidak relevan kalau divisi HR hanya berkutat mengurusi absensi, remunerasi dan kawan-kawannya. Bertransformasi menjadi Divisi HC (Human Capital) dan menjelma menjadi sebuah divisi sebagai strategic partner organisasi sudah menjadi keharusan.

Sesuai penyebutannya, Divisi HC harus memahami dunia bisnis, terlebih bisnis yang digeluti oleh perusahaannya. Tapi tak dapat dipungkiri, karyawan merupakan roda yang menjalankan perusahaan, keakuratan dalam me-maintain karyawan menjadi kunci keberhasilan perusahaan. Disitulah Divisi HC berperan strategis demi membentuk Competent People. Bila perusahaan dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman, pun begitu juga dengan karyawannya yang harus siap sedia kapan saja diajak berlari menyongsong perubahan.

Untuk mendiskusikan seputar perkembangan dunia HC yang harus bertransformasi menjadi sebuah divisi yang berperan strategis bagi keberlangsungan perusahaan. PPM Manajemen menggelar Human Capital (HC) Forum 2016. Sebut saja urusan rekrutmen dan seleksi, pengembangan karyawan, mengelola talenta berkualitas sampai mempertahankan karyawan unggul agar bisa bertahan, didiskusikan dan dipaparkan guna memberikan gambaran mengenai strategi yang perlu dilakukan praktisi SDM dalam acara yang digelar di PPM Manajemen, 07 April 2016.

Sejatinya HC Forum 2016 akan digelar di tiga kota, diawali di Jakarta lalu disusul di Surabaya pada 19 April 2016, dilanjutkan di Makassar pada 03 Mei 2016. Dan rangkaian kegiatan HC Forum di tiga kota tersebut akan ditutup dengan Human Capital National Conference (HCNC) 2016 yang sedianya akan digelar di bulan September yang akan datang.

HC Forum 2016 (Jakarta) kali ini mengangkat tema ReVamping Your Organization Through Human Capital Strategic Actions, dengan menghadirkan narasumber Ir. Rachmi Endrasprihatin, MM., ACP., CAC Senior HR Consultant PPM Manajemen dan Achmad Fahrozi, S.K.M., MM., CACCoordinator of PPM Center for Human Capital Development.

Diskusi mengenai perlunya transformasi divisi HC menjadi divisi yang berperan strategis dianggap penting karena selain derasnya arus percepatan teknologi dan dibarengi kencangnya gelombang masuk para angkatan kerja dari negara-negara Asean, Indonesia juga berlebih angkatan kerja yang didominasi oleh mereka yang Generasi Y (Gen Y). “Jadi, memang sudah saatnya praktisi HC ini mentransformasi menjadi mitra strategik perusahaan” ujar Rachmi.

Achmad Fahrozi menambahkan bahwa transformasi adalah proses yang sangat esensial, agar bisnis dapat bertahan di era yang sarat dengan perubahan. Pengelolaan Human Capital (HC) memegang peranan strategis dalam mendesain, membentuk dan mempercepat proses transformasi tersebut.

Melalui Human Capital Forum ini PPM Manajemen berharap bisa menjadi wadah diskusi bagi para praktisi Human Capital untuk saling berbagi pengalaman dan gagasan. Dengan peserta yang hadir dari beragam sektor Industri, harapannya gagasan yang dihasilkan dapat menjadi isu yang sangat strategis bagi pengembangan Human Capital di Indonesia.

 

Press Release