http://ppm-manajemen.ac.id/wp-content/themes/ppmCorporate
  • December  2014
    Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
       
    1 2 3 4 5 6 7
    8 9 10 11 12 13 14
    15 16 17 18 19 20 21
    22 23 24 25 26 27 28
    29 30 31  
  • Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa aspek Human Capital adalah faktor penentu masa depan organisasi di seluruh dunia, untuk itu diperlukan pemahaman yang lebih baik lagi terhadap pendekatan Human Capital tersebut.”

     - Octa Melia Djalal, Chief of PPM Center for Human Capital Development

     Masih dalam rangkaian kegiatan Road to ASIA HRD Congress 2013, PPM Manajemen bekerjasama dengan SMR Group kembali melaksanakan kegiatan HC Forum di tiga kota. Setelah sukses menggelar kegiatan ini di Jakarta pada tanggal 18 April 2013 lalu, Kembali Human Capital Forum hadir di  Hotel Aerotel Smile Makassar, 24  April 2013 dan Graha Pena Surabaya, 25 April 2013.

    Sebelum melangkah ke Human Capital, ada baiknya sebuah perusahaan memperhatikan rancangan strateginya. Strategi perusahaan  selayaknya dirancang untuk tetap dapat terus bersaing, dalam kondisi apapun, pertanyaan besar selanjutnya adalah kemampuan oragnisasional apa yang harus dimiliki oleh perusahaan agar dapat terus mengasah kemampuan berkompetisi, pertayaan yang sama juga diajukan kepada para karyawan atau siapapun yang merupakan bagian dari perusahaan tersebut, profil kesuksesan seperti apa yang selayaknya melekat dalam pribadi karyawan-karyawan tersebut, agar perusahaan dimana mereka bernaung dapat terus mengasah kemampuan kompetitifnya.

    Berbicara tentang human capital, maka telah lama kita mahfumi bahwa sebuah kesuksesan seseorang itu dibentuk tidak hanya oleh kompetensi, ilmu pengetahuan, atau keahlian semata, namun juga oleh ‘kepribadian’ yang baik. Tentunya penjabaran tentang pribadi yang baik dapat sangat beragam. Ir. Hari Prasetyo, MBA., Senior Consultant PPM Manajemen yang menjadi pembicara dalam HC Forum kali ini mengatakan “Setidaknya ada tiga jenis kemampuan yang selayaknya melekat pada diri seseorang dan sejalan dengan kesuksesan, pertama, adalah kemampuan mengelola diri sendiri dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan untuk mencapai sasaran dan standardisasi yang telah ditentukan. Bukankah kita sama-sama memahami bahwa sebelum mengelola dan memimpin orang lain seseorang harus mampu mengelola dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri,

    kedua, kemampuan untuk mengelola  pekerjaan yang berdampak terhadap organisasi. Sasaran akhir adalah mencapai sasaran unit kerja yang mendukung pencapaian sasaran organisasi, dan ketiga adalah kemampuan untuk mengelola , mengembangkan, memotivasi orang lain termasuk memotivasi bawahan untuk mencapai sasaran unit kerjanya.”

    Perhelatan Human Capital Forum di Makassar dan Surabaya ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Road to Asia HRD Congress (AHRDC), yang akan dilaksanakan di Hotel Ritz Carlton Jakarta, 12-13 Juni 2013, dilanjutkan dengan Workshop di PPM Manajemen pada tanggal 14 Juni 2013. AHRDC 2013 mengangkat tema “Reinventing The HR Business Model”. Para pembicara yang akan mewarnai kongres kali ini adalah pakar kajian Human Capital dari berbagai negara, seperti Scott Fieldman (USA), Jamilah Abdul Sallam (Malaysia) dan Tracy Al Saidi (Uni Emirat Arab). Sementara dari dalam negeri yang akan hadir sebagai pembicara dan berbagi dengan para peserta diantaranya adalah; Hasnul Suhaimi (PT XL Axiata, Tbk), RJ Lino (PT IPC), FX Sri Martono (PT ASTRA International) dan Ignatius Jonan (PT KAI). (HENDI/DEW)

    MCCS atau Management Center for Corporate Sustainability adalah sebuah unit bentukan PPM Manajemen dalam menjawab kebutuhan stakeholder akan kebutuhan sebuah pusat kajian yang menitikberatkan pada kegiatan Perusahaan yang berkelanjutan baik di bidang bisnis maupun tanggung jawab perusahaan terhadap keberlangsungan lingkungan sekitar, dalam bentuk CSR (Corporate Social Responsibility ) maupun GCG (Good Corporate Governance) yang merupakan sebuah keharusan bagi para peusahaan yang ingin berkembang dan maju dengan tidak melupak tanggung jawab sosial mereka terhadap lingkungan sekitar.

    MCCS didirikan atas dasar 3 P (Profit, People, Planet) yang mendasari terbentuknya MCCS dan juga kesadaran untuk membantu para pelaku bisnis ԭembenahiԠsecara Manajemen kemampuan mereka dalam menjalankan CSR maupun GCG nya sehari hari.

    Lalu pertanyaan besar lainnya, kontribusi apa yang dapat diberikan MCCS terhadap dunia bisnis, menurut The world Business Council for Sustainable Development (WBCSD), CSR diartikan sebagai ӅBusiness commitment to contribute to sustainable economic development, working with employees, their families, the local community, and society at large to improve their quality of life,ԠSehingga dengan demikian MCCS dapat mengarahkan dan mendorong sektor bisnis di Indonesia untuk melaksanakan program CSR secara efektif dan berkesinambungan, sehingga dengan demikian akan diperoleh keseimbangan antara kinerja ekonomi dan lingkungan social, tentu saja hal ini sangat penting sebagai prasyarat menuju organisasi yang berkelanjutan sesuai dengan harapan para pemangku kepentingan.

    Bagi PPM manajemen sendiri MCCS memiliki peran strategis dalam membantu sektor bisnis dalam mengembangankan kegiatan ekonomi yang yang berkelanjutan, serta perannya dalam lingkungan dan juga bagi stakeholder-nya adalah sebagai berikut:

    ՠMemberikan pelatihan seputar Etika Bisnis, Strategic CSR, Introduction to CSR atau bahkan Management system (SA 8000)
    ՠKegiatan Konsultansi : ԃonflict Management in CSR; Community Partnership; Entrepreneurship program.՜r
    ՠPenulisan Laporan beragam kegiatan berkelanjutan, yang nantinya sangat diperlukan dalam melebarkan sayap bisnis ke manca negara.

    Secara umum MCCS berharap agar para pelaku bisnis di Indonesia semakin menyadari akan pentinganya CSR dan GCG dalam fungsinya menjaga keberlanjutan perusahaan, MCCS sebagai lembaga yang akan mendorong para pelaku bisnis di Indonesia agar menyadarinya, lebih jauh diharapkan agar organisasi ini menjadi pusat dari informasi dan layanan untuk seluruh organisasi, pemerintahan, maupun individu yang ingin lebih jelas mengenal praktik berkelanjutan atau bagi mereka yang ingin membangun sebuah program CSR dan GCG serta menyusun laporannya.

    BENTUK PENGHARGAAN PPM MANAJEMEN TERHADAP LOYALITAS MITRA

    Member Card PPM Manajemen juga merupakan wadah untuk mempersatukan semua stakeholder PPM Manajemen, yang terantang mulai dari Mahasiswa, Civitas Akademika, Pengajar, Konsultan, Alumni, Peserta Loka Karya hingga para pemimpin perusahaan baik swasta maupun BUMN.

    Berangkat dari gagasan itu lah maka selanjutnya kahadiran Member Card ini juga diharapkan membawa kebaikan bagi siapapun yang menerima dan nantinya juga akan memanfaatkannya. Dalam kesempatan ini perkenankan kami memperkenalkan PPM Manajemen Member Card yang terdiri dari;

      • Blue Card: Diberikan pada peserta dari perusahaan yang mengikuti pelatihan publik (LKU) maupun pelatihan pesanan (LKP). Blue Card juga diberikan kepada Mahasiswa Program MM Eksekutif muda.
      • Gold Card: Diberikan pada pemimpin perusahaan tingkat puncak yang selama ini loyal dan terus menjalin kerjasama dengan PPM Manajemen. Gold Card juga diberikan kepada Mahasiswa Program MM Eksekutif yang telah menduduki posisi madya.
      • Platinum Card: Diberikan kepada CEO dari perusahaan yang selama ini loyal kepada PPM Manajemen.

    Salah satu hal yang bisa PPM Manajemen tawarkan adalah aksesibilitas pemegang kartu untuk mengakses fasilitas di PPM Manajemen, sebut saja para pemegang kartu nantinya dapat menikmati Business Lounge yang saat ini pembangunannya sudah memasuki tahap penyelesaian, lalu pemegang kartu juga bisa mengakses Tanoto Library, Perpustakaan PPM Manajemen yang terletak di Lantai 4 Gedung Bina Manajemen B.

    Sebagaimana member Card pada umumnya, nantinya PPM Manajemen Member Card juga akan meberikan beragam penawaran dari berbagai tenant yang bekerjasama dengan PPM Manajemen, sehingga tidak menutup kemungkinan member card ini dapat digunakan untuk memperoleh sejumlah rabat dari beragam jasa yang diberikan oleh tenant yang bermitra dengan PPM Manajemen.

    PPM Manajemen Member Card adalah ungkapan rasa terima kasih kami kepada para mitra yang setia dan terus mendukung PPM Manajemen.