• November  2014
    Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
       
      1 2
    3 4 5 6 7 8 9
    10 11 12 13 14 15 16
    17 18 19 20 21 22 23
    24 25 26 27 28 29 30
  • PENYUSUNAN SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURES)

    Saat kondisi persaingan yang semakin ketat, konsistensi kualitas sangat diperlukan untuk meningkatkan dan menjaga kepercayaan pelanggan. Tumpang tindih tugas merupakan hal yang wajar dalam aktifitas menghasilkan output antar bagian, departemen, atau divisi. Hal ini memerlukan pengaturan agar tidak terjadi salah komunikasi, konflik antar fungsi (yang kadang berkepanjangan) atau bahkan saling melepaskan tanggung jawab, yang pada akhirnya dapat berakibat pada menurunnya kinerja organisasi itu sendiri. Solusinya adalah dengan menciptakan suatu dokumen yang disebut SOP (Standard Operating Procedure).

    Temukan Jawabannya dalam Semiloka Ini !

     


    Sasaran
    Setelah mengikuti semiloka ini, para peserta diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan manfaat penyusunan SOP dalam upaya menjaga konsistensi kualitas proses dan hasil kerja serta mendukung proses pengelolaan pengetahuan di organisasi.
    2. Memberikan tentang cara membuat format SOP sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
    3. Memperoleh tambahan pengetahuan dalam penyusunan acuan bagi diri sendiri dan rekan kerja mengenai pelaksanaan proses bisnis sesuai peran/fungsinya masing-masing.
    4. Mengidentifikasi peluang penyempurnaan dalam penyusunan SOP di tempat kerja masing-masing.

    Pokok Bahasan
    Subjek yang akan dibahas dalam semiloka ini meliputi:

    • Pemahaman Karakteristik Bisnis & Strategi Organisasi.
    • Pemetaan Proses Bisnis.
    • Analisis Implementasi Prosedur.
    • Evaluasi Mekanisme Kerja.
    • Evaluasi Sistem Informasi.
    • Penyusunan Dokumen SOP.
    • Sosialisasi & Uji penerapan.
    • Evaluasi & Revisi Dokumen SOP.

    Target Peserta

    Semiloka ini ditujukan bagi semua level karyawan di semua jenis perusahaan/organisasi yang berminat untuk memahami penyusunan dan pembuatan SOP yang tepat bagi perusahaan/organisasinya masing-masing.

    Jadwal & Waktu Pelaksanaan 2012 (09:00 – 17:00 WIB)

    JAKARTA

    • 08 Agust 2012
    • 09 Okt 2012

    MAKASSAR

    • 18 Okt 2012

    SURABAYA

    • 16 Okt 2012
    INVESTASIRp 1.500.000/Pst (Jakarta)
    Rp 1.000.000/Pst (Daerah)
    Termasuk Seminar Kit, Lunch,Coffee Break,& SertifikatPembayaran Transfer Rekening:
    BANK BCA,Cabang Kwitang: AC No. 686 ֠018 – 4123
    A/n Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Manajemen
    (mohon sertakan fotokopi dari NPWP Perusahaan)

    INSTRUKTUR

    Ir. Ichsan Syarifudin, M.M.
    Ichsan Syarifudin menyelesaikan pendidikan S1 di ITB jurusan Teknik Sipil S2 di Wijawiyata Manajemen di PPM. Saat ini beliau sedang menyelesaikan S3 di ITB. Sejak tahun 2006 hingga Februari 2009, beliau menjabat sebagai Kepala Divisi Konsultansi PT. Binaman Utama – PPM Manajemen. Selain itu, beliau juga aktif mengajar beberapa mata kuliah Manajemen Operasi. Adapun beberapa proyek konsultansi yang ditanganinya antara lain desain struktur organisasi, penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) pada beberapa BUMN, Basarnas dan Sekjen DPR-RI. Selain itu, beliau juga menangani proyek konsultansi analisa beban kerja dan audit SDM pada industri perbankan, kepelabuhanan dan pendidikan.
    Alain Widjanarka, S.T., M.T.
    Alain Widjanarka menyelesaikan pendidikan SI di Universitas Trisakti jurusan Teknik Mesin dan S2 di Universitas Trisakti jurusan Magister Teknik (MT). Saat ini beliau menjabat sebagai Konsultan Manajemen PT Binaman Utama – PPM Consulting. Selain itu beliau juga aktif mengajar pada beberapa bidang antara lain: Manajemen Operasi, Manajemen Pergudangan, Supply Chain Management dan Manajemen Proyek di Sekolah Tinggi Manajemen PPM. Adapun beberapa proyek konsultansi yang ditanganinya antara lain: Penyusunan Analisis Proses Bisnis, Penyusunan Manajemen SDM & Organisasi, Penyusunan Sistem Human Capital pada industri asuransi dan BUMN.

    TESTIMONI

    • Bernica Julianty – Business Process Officer PT Transportasi Gas Indonesia: Ոanya dalam waktu 1 hari, PPM – Penyusunan SOP mampu menyajikan topik yang komprehensif dan efektif penyajiannya dengan metode simulasi, brain storming, contoh kasus,dll sesuai dengan kondisi perkembangan bisnis saat iniԮ
    • Lielya E.S – HR Manager PT Thamrin Brothers: Փaya mendapat banyak masukan dan lebih mengerti darimana saya harus memulai membuat SOP dan Mindset saya lebih terarahԮ

    Informasi Pendaftaran:

    Telp: 021 – 31909224 ( Retno, Diaz, Ilmi ) atau 021-2300313 ext 1028 atau 1950 s/d 1954 (Customer Service)
    Fax: 021 – 3107794/2302051, Mobile : 0813 8989 6369
    E-mail: fkm_seminar@ppm-manajemen.ac.id / customer@ppm-manajemen.ac.id

    Download Form Pendaftaran ( Klik di sini )
    www.ppm-manajemen.ac.id
    ***